Pemerintahan

Pemkab Bima Gratiskan Rapid Test Bagi Pelajar dan Mahasiswa

Ilustrasi Bimakini.com

Bima, Bimakini.-  Kabar gembira buat para Pelajar, Santri dan Mahasiswa asal Kabupaten Bima yang melanjutkan study atau hendak bepergian ke luar daerah. Pemerintah Kabupaten Bima, akan mengratiskan biaya pemeriksaan Rapid Diagnostic Test (RDT) bagi mereka para penuntut Ilmu tersebut.

Bahan dan alat yang dibutuhkan dalam pelaksanaan RDT menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah. “Mereka cukup menunjukkan atau menyerahkan fotokopi identitas diri (KTP), Kartu Pelajar atau Mahasiswa. Kartu Keluarga atau tanda pengenal lainnya yang sah, sebanyak 1 (satu) lembar,” ujar jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemkab Bima, M Chandra Kusuma, Senin (15/6).

Kata Chandra, selama Pandemi, bagi yang hendak melakukan perjalanan ke seluruh wilayah NKRI, dilakukan RDT di Rumah Sakit Sondosia, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima. “Bagi Pelajar, Santri dan Mahasiswa gratis,” lanjut Chandra yang juga Kabag Prokopim Setda Bima ini.

Langkah Pemkab Bima ini, Kata Chadra, sesuai ketentuan dalam Surat Edaran (SE) Gugus Tugas (Gutas) penanganan Covid-19, Nomor 4 Tahun 2020 tentang, Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19). Selain itu telah diubah dengan SE Gutas percepatan penanganan Covid-19, Nomor 5 Tahun 2020 tentang, perubahan atas SE Nomor 4 tahun 2020 tentang, Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

Surat Edaran bebas biaya RDT bagi Pelajar, Santri dan Mahasiswa tersebut, juga diminta seluruh Camat se Kabupaten Bima, untuk ikut membantu sosialisasi. “Agar informasi penting itu diterima secara merata bagi mereka yang menuntut ilmu diluar Kabupaten Bima,” tutupnya.

Sebelumnya, saat Paripurna DPRD Kabupaten Bima, Senin (15/6) tentang penyampaian Penjelasan Bupati Bima terhadap Raperda APBD 2019, anggota dewan menyorot soal tariff rapid test. Meminta kepada Pemda untuk tidak legi membebani masyarakat, namun menggunakan anggaran Covid19 yang ada. (KAR)

Share
  • 213
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top