Pendidikan

Pemuda Madapangga Tuntut Transparansi Dana BOS

Aparat keamanan saat  mengamankan jalannya aksi.

Bima, Bimakini.- Pemuda Madapangga menggelar aksi unjuk rasa di Kantor UPTD Dikbudpora, Senin (29/6).  Mereka meminta keterbukaan informasi mengenai dana Bantuan Operasional  Sekolah (BOS).

Korlap aksi, Rizki mengatakan, meminta keterbukaan anggaran Dana BOS Tahun 2017-2020. Selain itu, meminta klarifikasi dari Kepala UPT Dikpora Kecamatan Madapangga terkait indikasikan pungutan liar (pungli) kepala sekolah dasar terkait pembuatan SK Dinas/SK UNPTK.

Mereka juga meminta Kepala UPT Dikpora Madapangga untuk memanggil seluruh kepala sekolah dasar dan SMP untuk klarifikasi dugaan pemotongan dana Kartu Indonesia Pintar (KIP). “Kami juga menuntut kepada UPT Dikpora Kecamatan Madapangga memberikan keterbukaan anggaran Covid-19,” ungkapnya.

Kapolsek Madapangga IPTU Rusdin mengatakan, massa aksi mencoba  blokade jalan, namun dapat dicegah.

Sementara itu, Kepala UPTD Dikbudpora Madapangga, Syaifudin, SPd menyampaikan, terkait anggaran Dana BOS, semua sekolah sudah diperiksa oleh Inspektorat dan BPK dan tidak ada temuan. “Sedangkan dugaan Pungli itu tidak benar, kalau memang punya bukti, silahkan dilaporkan ke polisi,” tegasnya.

Sementara mengenai dana Covid 19, jajaran pendidikan tidak memilikinya.  “Jika pun pihak sekolah membeli APD seperti masker, itu sesuai prosedur.  Kita tidak memiliki sumber anggaran untuk penanganan Covid 19, mungkin massa aksi salah sasaran,” tutupnya. (KAR)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top