Peristiwa

Tanpa Surat Keterangan Sehat, Pelaku Perjalan  dari Bima  Tiba di Surabaya

Salah satu pelaku perjalanan yang menunjukkan kartu kuning dari Petugas Gugus Tugas Covid di penyeberangan Tano.

Bima, Bimakini.- Diduga pembuatan surat keterangan sehat bagi pelaku perjalanan  hanya modus untuk mendapatkan keuntungan. Keterangan dari beberapa sumber yang melakukan perjalanan tanpa menggunakan surat keterangan sehat, justru bisa sampai ditujuan.

Phak Satgas di lokasi penyebrangan Tano – Kayangan hanya melakukan pemeriksaan suhu badan dengan alat termometer.  Sebelumnya, pelaku perjalanan diminta mengeluarkan kocek  hingga Rp 590 ribu. Nyatanya tidak  digunakan.

Salah satu  pelaku perjalanan asal Kecamatan Palibelo, Fahrin mengaku berangkat dari Bima Kamis malam (4/6) tujuan Surabaya. Saat berada di Pelabuhan Tano Sumbawa, pihak Satgas hanya melakukan screening saja. “Tidak ada pemeriksaan surat keterangan sehat senilai Rp 590 ribu. Tapi dilakukan pemeriksaan suhu tubuh,” ujarnya, Jum’at siang (5/6).

Kata dia, saat pemeriksaan suhu tubuh, pihak Satgas Covid – 19 memberikan kartu kewaspadaan kesehatan berwarna kuning. Dalam surat tersebut tercantum suhu tubuh. “Bukan saja saya, banyak warga Bima lainnya yang dilepas oleh Satgas untuk melanjutkan perjalanan tanpa menggunakan surat keterangan sehat dari RSUD maupun Klinik,” terangnya.

Warga lainnya Wahyudin membenarkan hal itu. Dirinya berangkat di Desa Rasabou menuju Kota Mataram tanpa menggunakan surat keterangan sehat dari RSUD atau Klinik yang ditunjuk oleh pemerintah. “Satgas di Pelabuhan Tano hanya periksa suhu tubuh saja. Setelah dipastikan suhu tubuh dibawah 38 derajat celcius, para pengguna jalan diperbolehkan melanjutkan perjalanan,” ucapnya.

Menurutnya, pemerintah tidak boleh mengeluarkan kebijakan pembuatan surat keterangan sehat dengan brandrol Rp 590 ribu bagi pengguna jalan menuju Kota Mataram. Karena pihak Satgas Covid – 19 di Sumbawa dan Lombok tidak meminta surat tersebut tapi memeriksa suhu tubuh saja. “Satgas Covid – 19 di Sumbawa dan Lombok tidak meminta surat keterangan sehat seperti yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima. Mereka hanya periksa suhu tubuh,” tutupnya. (KAR)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top