Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Tinjau Proyek Jetty, Dewan Malah Temukan Pengkavlingan Laut

Komisi III DPRD Kota Bima saat meninjau proyek Jetty muara Sungai Padolo, Selasa.

Kota Bima, Bimakini.- Saat meninjau pembangunan proyek Jetty Muara Sungai Padolo, Selasa (16/6) pagi, anggota DPRD Kota Bima justru kaget. Lantaran laut disekitarnya telah kavling oknum warga.

Bahkan terlihat sejumlah patok dari bambu diduga ditancapkan oleh oknum warga sebagai penanda batas penguasaan. Bahkan informasi pekerja proyek Jetty ditegur oleh orang yang mengaku memiliki laut itu. Bahkan sambil menunjukan sertifikasi diterbitkan tahun 2009.

Laut yang ditimbun disisi selatan muara sungai dijadikan tempat camp pekerja proyek Jetty. “Waduh ini keterlaluan sekali, kok sampai ada yang mengklaim memilikinya,” sesal anggota DPRD Kota Bima, H M Erwin.

Jika dilihat patok, kata dia, jelas posisinya di dalam laut. Bahkan jaraknya sudah ratusan meter dari pantai. “Dewan perlu memanggil oknum yang mengklaim laut, harus ada langkah tegas,” pungkas Duta Nasdem itu.

Pasalnya kelakukan oknum warga sudah sangat keterlaluan. Belum selesai masalah Laut Ama Hami sekarang muncul masalah baru. Apalagi katanya sudah memiliki bukti sertifikat.

Anggota Komisi III akan menyampaikan pada lembaga agar dapat ditindaklanjuti. Pemanggilan kembali pihak Badan Pertahanan nasional (BPN) Kota Bima penting segera diagendakan.

Harusnya pihak BPN saat pansus Ama Hami tahun lalu jujur, ternyata tidak saja di kawasan Ama Hami. Namun juga pengkavlingan di muara Padolo.

Senada disampaikan HM Erwin, Duta PPP, Edi Ihwansyah pun menyesalkannya. “Kalau dilihat, bisa sampai ke Lawata laut diklaim, ini sangat berbahaya,” ketusnya.

Ogo sapaan akrabnya merasa ada mafia bermain sampai laut di teluk Bima dimiliki oleh oknum warga. Pihaknya akan menyeriusi hasil rekomendasi pansus Ama Hami dahulu. Karena menyangkut seluruh wilayah pesisir laut teluk Bima. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bima kembali menggelar Rapat Paripurna Pelantikan anggota dewan Pergantian ANtar Waktu (PAW), Rabu 31 Januari...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bima menggelar rapat paripurna dalam rangka pengucapan sumpah/janji Pengganti Antar Waktu (PAW) dari Partai Bulan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- DPRD Kota Bima menggelar Rapat Paripurna Ke-1 dalam rangka Penetapan Program kerja tahunan DPRD Kota Bima tahun Dinas 2024 serta Penetapan...

Berita

Oleh : Munir Husen (Dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Bima) Kota pada hakekatnya adalah suatu tempat yang berkembang terus menerus sesuai dengan perkembangan zaman...

Opini

Oleh : Munir Husen (Dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Bima) Pemerintah Daerah dan DPRD adalah unsur penyelenggara Pemerintahan Daerah. Keberadaan anggota DPRD pada tataran...