Pemerintahan

Tujuh  Desa di Wawo Jadi Tata Ruang Kawasan Strategis

Kadis PUPR Kabupaten Bima, Ir H Nggempo, MMt

Bima, Bimakini.- Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas PUPR Kabupaten Bima, sedang mengerjakan program penyusunan kebijakan dan penataan ruang. Yakni  penyusunan dokumen rencana tata ruang kawasan strategis Wawo.

“Tujuh desa di Kecamatan Wawo masuk program penyusunan kebijakan dan penataan ruang PUPR, dengan jenis kegiatan penyusunan dokumen rencana tata ruang kawasan strategis Wawo,” jelas Kadis PUPR Kabupaten Bima, Ir H Nggempo, M. Mt, Jumat (19/6).

Kata dia, perencanaan tata ruang kawasan strategis Wawo ini dengan luas sekitar 2.000 hektar, mencakup tujuh desa. “Sekarang sedang tahap survei, dan laporan pendahuluan, ada beberapa dokumen, seperti laporan pendahuluan, fakta analisa, rancangan rencana dan pemetaan,” katanya.

Program ini dikerjakan ole PT Adi Cipta, dengan nilai kontrak Rp434 juta. Daerah Wawo memiliki kawasan strategis, karena adanya uma lengge dan pasanggrahan untuk ditata.

“Kita amankan, jangan sampe budaya itu hilang seiring berkembangnya jaman, kita harus kembangkan dan lestarikan,” ujarnya.

Dia mengaku, Kecamatan lain cukup dengan detail tata ruang kota,  namun Wawo punya kekhasan, kawasan startegis.

“Dikerjakan sejak 30 April sesuai keluar kontraknya, sekarang mereka lagi survei, bahkan sudah FGD penentuan deleniasinya,” jelasnya.

Wilayah yang strategis, kata dia, perlu diamankan.  Dikerjakan selama enam bulan atau berakhir 30 Oktober  “Percuma kalau tidak diatur dengan tata ruang, nanti berantakan,” katanya. (MAN)

Share
  • 297
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top