Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Warga Usulkan ke Pemkot Bima Tambang Marmer Dikelola Melalui UMKM

Warga sekitar lingkar tambang Marmer.

Kota Bima, Bimakini.- Warga Kelurahan Nitu di sekitar lingkar tambang, Kecamatan Raba, mengusulkan agar Pemkot Bima serius mengelola tambang marmer. Untuk mengelolanya bisa melalui UMKM. Ini sekaligus mendukung visi misi Pemkot membuka 10.000 lapangan kerja.

Warga pemilik lahan dikawasan marmer siap mendukung. Bahkan menyediakan lahan dengan sukarela. Bukan pada lahan yang disewa oleh perusahaan sebelumnya.

“Dari pada alatnya terlantar kan lebih baik berdayakan masyarakat untuk kelola batuan marmer dengan membangun  UMKM,” harap Ramli Abidin, ditemui di lokasi kawasan batuan marmer, Kamis (25/6).

Bersama sejumlah warga, Ramli mengaku setiap melewati lokasi perusahaan marmer, mengaku sedih dan menyesalkan kondisinya telantar.  Jika memungkinkan Pemkot Bima bisa mengelola melalui UMKM. Ini dapat membatu masyarakat dengan mengurangi angka pengangguran.

“Kami selaku pemilik lahan siap membantu menyediakan lahan, demi pengembangan ekonomi,” ungkapnya.

Bahkan kata Ramli, warga telah membentuk kelompok UKM. Juga sudah mengajukan proposal dukungan pada Pemkot Bima dengan harapan mendapatkan respon dan bantuan cepat.

“Menurut kami kalau Pemkot Bima mendukung langkah warga,  maka sedana dengan rencana pemerintah membuka 10.000 lapangan pekerjaan,” harapnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ketua LPM Kelurahan Nitu, Muslim, SH menyatakan harapan yang sama ke Pemkot Bima untuk bisa mengelola Sumber Daya Alam (SDA) yang ada.

Kata dia, dukungan pemerintah sangat dibutuhkan. Apalagi ada alat pemotong batu marmer dibiarkan telantar di lokasi. “Jika itu bisa dimanfaatkan  oleh masyarakat melalui kelompok UMKM tentunya akan lebih baik,” ujarnya.

Ketua Karang Taruna Kelurahan Oi Foo, Ramadhan  juga siap mendukung Pemkot Bima. Eks tenaga tekhnis  perusahaan marmer yang juga warga Oi Fo’o  siap membantu. (DED)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Batuan Marmer atau gamping di kawasan Oi Fo’o dan Nitu cocok untuk dikelola dalam skala UMKM, bukan industri. Ini merujuk dari...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.com.-Sejumlah warga yang mengatasnamakan Front Rakyat Menggugat (FRM) yang tinggal di kawasan lingkar tambang marmer Oi Fo’o, Rabu (19/12) mendatangi kantor Pemerintah...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.com.-Rencana eksploitasi batu marmer di lingkungan Kadole Kelurahan Oi Fo’o Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima, masih menuai protes. Seperti  yang dilakukan   warga...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.com.- Sejumlah pemuda yang mengatasnamakan Forum Rakyat Menggugat (FRM), Senin (27/8), menggelar aksi menolak kelanjutan eskploitasi pertambangan batu marmer di Kelurahan Oi...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.com.- Sejumlah warga Kelurahan Rontu menghadang peralatan berat jenis eskavator yang masuk ke wilayah tambang marmer di Kelurahan Oi Fo’o, Minggu (29/4)...