Ekonomi

Dikirim ke Lombok, Hewan Ternak Asal Dompu Dipastikan Sehat

Ir Zainal Arifin, MSi

Dompu, Bimakini. – Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Dompu, Ir Zainal Arifin, MSi, memastikan bahwa daging hewan jelang idul kurban di Kabupaten Dompu sehat dan layak dikonsumsi.

“Sementara, kondisi ternak dalam keadaan baik. Termasuk ternak hewan korban untuk warga masyarakat Dompu,” kata Kadisnakeswan, Rabu (8/7).

Katanya, saat ini hewan ternak terutama sapi asal Dompu dijual ke luar daerah terutama ke pulau Lombok. Pada Mei 2020 jumlah ternak yang dikirim mencapai 400 ekor. Sementara pada bulan Juni sebanyak 420 ekor dan minggu pertama bulan Juli ini sebanyak 75 ekor sapi yang dikirim.

“Alhamdulillah kondisi ternak sapi kita yang dikirim ke pulau Lombok dalam kondisi sehat. Setiap hewan yang dikirim keluar daerah harus dilakukan pemeriksaan laboratorium dengan mengambil sampel darahnya. Setelah itu terlebih dahulu dikarantina,” jelasnya.

Menurutnya, pengiriman ternak ke pulau Lombok sangat ketat. Karena pulau Lombok bebas penyakit menular strategis. Oleh sebab itu harus dipastikan ternak asal Dompu yang keluar dalam kondisi sehat. (AZW)

Share
  • 24
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top