Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Kemenparekraf Serahkan Bantuan untuk Penataan Ruang Terbuka Hijau Islamic Center

Dr Hj Sitti Rohmi Djalillah

Mataram, Bimakini.- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI menyerahkan bantuan untuk penataan ruang terbuka hijau di lingkungan Islamic Center Provinsi NTB, Jumat (17/7/2020). Bantuan tersebut diantaranya berupa fasilitas pedestrian, lampu, meja dan kursi taman.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah didampingi para Asisten Setda NTB serta sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dari Kemenparekraf hadir Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, Dr. Hari Santosa Sungkari.

Wakil Gubernur NTB berterima kasih kepada Kemenparekraf atas bantuan yang diberikan untuk mempercantik lingkungan Islamic Center. Wagub mengatakan bahwa pembangunan di NTB terus berjalan, walaupun beberapa kali terjadi bencana. Termasuk pembangunan dalam bidang pariwisata, mengingat pariwisata adalah salah satu sektor unggulan di NTB ini.

“Walaupun kita mengalami pandemi Covid-19 ini, tidak menyurutkan semangat kita untuk terus membangun daerah yang kita cintai ini,” tutur Wakil Gubernur.

Ia mengatakan, keindahan alam yang dimiliki NTB menjadi salah satu daya tarik di mata wisatawan domestik maupun mancanegara. Oleh karena itu, masyarakat NTB perlu menjaga dengan baik keindahan alam ini, seperti Rinjani, Tambora, Teluk Saleh, Moyo dan lain sebagainya.

“Kita harus bersyukur dengan cara menjaga alam kita agar pariwisata kita terjaga dengan baik. Motto kita di sini pariwisata tidak boleh dilepaskan dari kelestarian alam,” jelas Wagub.

Oleh karena itu, lanjutannya, Pemerintah Provinsi NTB memasukkan pariwisata di dalam program unggulan NTB Bersih dan Hijau yang menjadi salah satu aspek pembangunan di NTB.

Dengan bantuan yang diberikan oleh Kemenparekraf, akan menambah keindahan Islamic Center. Disamping itu, ia berpesan agar keindahan tidak hanya dinikmati sementara, namun harus berkelanjutan. Untuk itu ia meminta kepada Dinas Pariwisata agar terus menjaga keindahan taman Islamic Center ini.

“Mari kita jaga ini semua, sehingga NTB betul-betul menjadi destinasi pariwisata yang bergandengan dengan kelestarian alam,” pesannya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf mengakatakan bahwa Islamic Center Provinsi NTB ini adalah salah satu destinasi yang difokuskan oleh Kemenparekraf.

Ia mengapresiasi program NTB Bersih, yaitu Zero Waste dan berharap NTB menjadi percontohan untuk daerah-daerah lain dalam pengelolaan sampah. Ia juga optimis bahwa Provinsi NTB dapat mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif yang ramah terhadap lingkungan.

Kepala Dinas Pariwisata, Lalu Moh. Faozal, menginformasikan bahwa pembangunan pedestrian sudah berjalan. Pedestrian di kawasan Islamic Center dibangun sepanjang 150 meter. Akan dilakukan penanaman kembali rumput seluas 300 meter persegi dengan sumur bor agar kawasan taman tersebut tetap hijau sepanjang waktu. Ruang Terbuka Hijau Islamic Center juga akan dipercantik dengan penanaman 60 pohon tabebuya dan ketapang kencana.

Untuk lampu penerangan, ada 20 titik lampu yang ramah lingkungan, yaitu menggunakan panel surya. Untuk memberikan ruang kepada masyarakat menikmati keindahan Islamic Center, akan dibuatkan menara pandang dan seluruh aktivitas ini akan dikerjakan selama tiga bulan. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

NTB

Dompu, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Siti Rohmi Djalillah, MPd menyatakan kekagumannya pada komitmen Pemerintah Desa (Pemdes) Sari yang peduli dengan pengembangan literasi...

NTB

Dompu, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr HJ Siti Rohmi Djalillah mengapresiasi peran Relawan Literasi di Nusa Tenggara Barat, khususnya di Bima dan Dompu.  Hal...

NTB

Mataram, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Kabupaten Bima, yang telah keluar menjadi juara umum...

NTB

Bima, Bimakini.- Memeringati Hari Perempuan Internasional (International Woman Day) 8 Maret, Program INOVASI NTB, Pemerintah Provinsi NTB dan Universitas Hamzanwadi (UNHAM) menggelar Webinar Nasional,...

NTB

Mataram, Bimakini.- Dalam memperjuangkan perempuan dan anak di Nusa Tenggara Barat, diperlukan kerjasama dari berbagai pihak. Selain itu, perlu edukasi yang konsisten terus menerus...