Ekonomi

Pemdes Mpuri Benarkan Dua Anak Yatim Piatu di Gubuk Reot Luput dari Bantuan

Sekdes Mpuri, Ihwansyah, SPd.

Bima, Bimakini.-  Sekdes Mpuri, Ihwansyah, SPd membenarkan dua anak yatim piatu, Adi Rahmadin (30) dan Dewi Angriani (16) warga RT 02 RW 01 yang hidup di gubuk reot luput dari bantuan. Baik bantuan bedah rumah maupun bansos lainnya dari pemerintah, kecuali BLT DD.

Lanjut Ihwansyah, sebelum menjabat sebagai Sekdes, belum ada program bedah rumah yang masuk. Sehingga menurutnya, dua anak yatim piatu itu tidak pernah tercakup untuk mendapatnya.

Diakuinya, di Tahun 2019 Dinas Perkim Kabupaten Bima menyuruh foto rumah warga yang tidak layak huni. Saat itu, pihak Dinas Perkim menyampaikanbahwa sifatnya pengusulan dan memang hingga saat ini tidak ada realisasi.

“Memang benar pernah di foto rumah dua anak yatim piatu itu. Tapi saat itu diusulkan ke pemerintah pusat,” timpalnya.

Kenapa belum masuk untuk mendapatkan bantuan pemberdayaan di desa, hal itu di luar kewenangannya. Karena penerima manfaat bantuan pemberdayaan berdasarkan hasil Musdus dilanjutkan dalam Musdes kemudian dituangkan dalam RKPDes dan APBDes.

“Untuk mendapatkan bantuan pemberdayaan yang bersumber dari Dana Desa, penerima manfaat harus sesuai dengan daftar nama dalam APBDes,” imbuhnya.

Terkait anggaran Dana Desa, sebagai Sekdes pihaknya hanya merencanakan saja. Kewenangan penuh ada di tangan Kades selaku penanggung jawab penggunaan anggaran. Disisi lain sebutnya, kendala saat ini adalah munculnya musibah corona, sehingga imbasnya, anggaran lebih di titik beratkan pada penanganan Covid – 19.

“Insya Allah kita akan perioritaskan dua anak yatim piatu dapat bantuan dari desa lewat program pemberdayaan atau lainnya,” janjinya. (KAR)

Share
  • 170
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top