Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Pleno Verfak Dukungan Perseorangan, 16.996 Dinyatakan MS

Suasana saat Rapat Pleno rekapitulasi hasil verifikasi faktual dukungan calon perseorangan tingkat KPU Kabupaten Bima, Senin (20/7).

Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima, menggelar rapat pleno rekepitulasi dukungan calon perseorangan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima 2020. Pleno berlangsung di aula KPU Kabupaten Bima, Senin (20/7).

Hadir Komisioner KPU Kabupaten Bima, PPK 18 Kecamatan, Bawaslu Kabupaten Bima dan Penghubung Calon Perseorangan.
Masing-masing PPK memaparkan hasil pleno yang sudah dilakukan sebelumnya. Dari hasil rekepitulasi tingkat KPU, 16.996 dukungan dinyatakan Memenuhi Syarat (MS). Jumlah itu dari 31.093 yang diserahkan ke KPU Kabupaten Bima.

Sementara total Tidak Memenuhi Syarat (TMS) 14.097. Jumlah itu dengan kekurangan sebelumnya, sementara pada pleno Senin (20/9) 9518 TMS.

Karena masih belum memenuhi syarat untuk dinyatakan lolos dukungan, maka pasangan calon harus melengkapi lagi sebanyak 14.097 dikali dua, sehingga harus menyerahkan 28.194 dukungan baru.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah, SH, sempat memberi catatan atas laporang yang diterimanya. Yakni adanya PPS melakukan verifikasi ulang terhadap warga yang tidak berhasil dijumpai sebelumnya.

Menurutnya, jika PPS saat verfak tidak menjumpai warga yang memberi dukungan, maka tidak didatangi lagi. Semuanya menjadi tanggungjawab LO atau penghubung bakal calon.

Namun, hal itu diklarifikasi penyelenggara, bahwa tidak ada warga yang didatangi labih satu kali. Melainkan semua sudah dijadwalkan untuk dikunjungi dalam rangka verfak dukungan. (IAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima melalui Surat Keputusan KPU Kota Bima Nomor: 109/PL.02.2.BA/4/2024 menetapkan, jumlah syarat minimal dukungan bakal Pasangan...

Politik

Bima, Bimakini.- Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 resmi dilaunching oleh KPU RI, Minggu (31/3) malam di area Candi Prambanan, Yogyakarta. Hadir Ketua...

Politik

Bima, Bimakini.- Aliansi Mahasiswa Peduli Indonesia (AMPI) akan menggelar diskusi publik tentang demokrasi di Bima, di Suhendar Coffee (Penatoi Kota Bima), Jumat 28 April...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Verifikasi Faktual sampel dukungan Bakal Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Daerah Pemilih Nusa Tenggara Barat (Dapil NTB), hingga hari ini,...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Proses verifikasi faktual dukungan bakal calon DPD RI Dapil NTB di Kota dan Kabupaten Bima sudah dimulai. Sebanyak 17 Bakal Calon...