Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Puluhan Da’i dan Aktivis Islam Dialog Kegamaan

Pertemuan Dai dan Aktivis Islam.

Bima, Bimakini.- Puluhan Da’i dan Aktivis Islam mengikuti dialog keagamaan yang diselenggarakan oleh Dewan Dakwah Islam Indonesia Kabupaten Bima, Ahad (26/7). Kegiatan yang mengangkat Tajuk” Menyongsong kebangkitan peradaban Islam” itu, dihadiri oleh Da’i dan Aktivis Islam dari berbagai kecamatan dan Ormas Islam di Kabupaten Bima.

Ketua Dewan Dakwah Islamiyyah Indonesia Kabupaten Bima, KH Abdurrahim Haris menyampaikan kegiatan ini kegiatan rutin diadakan tiap tahun. Tujuannya  membangun konsolidasi dan komunikasi dengan para da’i di Kabupaten Bima.

“Kegiatan ini sebagai forum identifikasi dan analisa masalah keumatan dan keislaman di Kabupaten Bima, dengan bertolak dari berbagai fenomena yang ada di daerah saat ini,” ujarnya saat kegiatan di Masjid Darul Hikmah Kelurahan Dara Kecamatan Rasa Na’e Barat Kota Bima.

Dalam diskusi itu, mencuat tentang akar krisis umat Islam. Dikatakannya saat ini krisis umat Islam bukan masalah ekonomi, politik, kekuasaan. Tapi, akar krisis umat Islam adalah hilangnya adab (Los Of Adab). Yang berimplikasi pada perubahan pandangan alam Islam (Isalmic worldview) umat Islam, sehingga, umat ini diliputi oleh pandangan sekuler barat.

Selain itu, menurutnya peradaban sekuler barat saat ini telah memporak porandakan nilai dan sendi-sendi kehidupan umat Islam. Oleh karenanya menurut beliau karna sekularisasi sudah merasuk keseluruh aspek dan dimensi kehidupan umat Islam, maka, sebagai solusinya harus dilakukan islamisasi.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Nanti kami akan memprogramkan tiap-tiap desa ada masjlis taklimnya, sebagai wadah bagi umat untuk mendapatkan pendidikan dan ajaran Islam yang sempurna,” ujarnya. (BE07)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.com.-Sebanyak 1.000 guru ngaji dan 330 dai  di Kabupaten Bima serentak menerima insentif selama enam bulan, mulai Juli hingga Desember 2012. Keseluruhan dana...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.com.-Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Kabupaten Bima selama dua hari, Sabtu (15/12) dan Minggu (16/12), menggelar pelatihan. Kegiatan itu diikuti sekitar 100 peserta...

Peristiwa

Barisan untuk Mahasiswa dan Pemuda Pelopor (Rudal) Bimamerencanakan khataman masal dan lomba dai cilik menyambut Hari Jadi ke-10n Kota Bima pada 10 April mendatang. Rapat persiapan  dilakukan di aula kantor Camat Mpunda,...