Pendidikan

Sistem Zonasi Penerimaan Siswa SMPN/MTs Harus Dipertegas

Siswa Baru SMP/MTs.

Bima, Bimakini.- Sistem zonasi penerimaan siswa baru di Kecamatan Wawo, gagal. Soalnya, sekolah yang sudah maju masih menerima dan mengambil siswa yang bukan dalam wilayah zonasinya. Akibatnya, sekolah kecil semakin minim siswa yang diterima.

Panitia penerimaan siswa SMPN 2 Wawo yang tidak ingin ditulis namanya, mempertanyakan mengenai sistem zonasi penerimaan siswa tingkat SMP/MTs. Jika benar dan konsekuen diterapkan sistem zona itu, maka siswa di sekitar Raba dan Kombo harus dikembalikan karena hampir sepuluh siswa nyebrang ke zonasi lain di Desa Maria dan Maria Utara.

Sumber itu mencontohkan zonasi Desa Raba dan Kombo ada dua sekolah yakni SMPN 2 Wawo dan MTs Raba, sedangkan sekolah pendukung hanya tiga sekolah yakni, SDN Inpres Kombo, SDN Kombo, dan MIN Raba, sementara SDN Inpres Lesu lebih memilih sekolah di SMPN di Desa Sari Kecamatan Sape. Sebagai panitia meminta keadilan dan pemerataan agar dua sekolah di Desa Raba memiliki siswa yang memadailah. Padahal, ruangan yang tersedia masih cukup banyak yang masih kosong.

“Kita minta jangan serakahlah dalam mencari siswa hingga harus mengambil di zonasi lain. Padahal, mereka memiliki sekolah pendukung yang lebih banyak untuk SMPN 1 Wawo dan MTsN 1 Bima,” katanya.

Olehnya itu, terangnya, beberapa siswa yang nyebrang di zonasi lain dikembalikan saja. Soal mereka mau memilih SMP atau MTs terserah. Untuk siswa berprestasi dibolehkan untuk memilih di zonasi lain, tetapi yang tidak berprestasi sebaiknya dikembalikan ke zonasi Desa Raba. “Jika ini tidak dipertegas sistem zonasi maka sekali waktu dua sekolah itu bakal kehilangan siswa alias bubar. Mohon hal seperti ini menjadi pertimbangan bagi kita semua. Apalagi, banyak guru yang ingin mengabdi akan kehilangan lembaga sebagai tempat pengabdiannya,” pungkasnya di SMPN 2 Wawo, Rabu (8/7). (NAS)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top