Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Sosialisasi  Tatap Muka Dibatasi, KPU Kabupaten Bima Kuatkan Peran Kehumasan

Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Internal Pengelolaan Media Komunikasi dan Informasi dan  Kehumasan,  di aula KPU Kabupaten Bima, Sabtu (4/7).

Bima, Bimakini. – Dalam situasi pandemi Covid19 saat ini, kegiatan sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah secara tatap muka dibatasi. Sehingga pilihannya memanfaatkan media massa, media sosial, seperti Facebook, Instagram, Tweeter, serta  Youtube.

Hal itu disampaikan  Ketua Devisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Bima, Ady Supriadin, SPdI saat kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Internal Pengelolaan Media Komunikasi dan Informasi dan  Kehumasan,  Sabtu (4/7).

Peran kehumasan menjadi hal yang penting bagi suatu organisasi atau lembaga.  Humas memiliki tugas penting dalam menyampaikan informasi kepada publik. Apalagi KPU sebagai penyelenggara Pemilu/Pilkada, perlu memberikan informasi  kepada publik.

Untuk mengoptimalkan peran tersebut, kata Ady, maka perlu menguatkan sumber daya yang ada. Diharapkannya dengan bimbingan ini, maka semakin peran kehumasan semakin baik.

Dikatakannya, medsos saat ini tengah digandrungi dan akrab dengan keseharian masyarakat. Medsos bisa menjadi sarana menjaring lini massa yang lebih luas.

Untuk itu, kata Ady,  KPU akan memaksimalkan media sosial. Masyarakat dapat melihat perkembangan informasi tentang penyelengaraan Pilkada. “Silahkan yang ingin mengetahui kegiatan KPU, jadwal, tahapan Pilkada Kabupaten Bima di media sosial yang dimiliki KPU Kabupaten Bima,” ujarnya.

KPU juga merencanakan untuk menerbitkan e-jurnal berkala yang berisi kegiatan dan berbagai informasi Pilkada. Tujuannya agar penyebaran informasi lebih massif lagi di tengah pandemic covid19.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi BiMEKS, Sofiyan Asy’ari, menyampaikan, konten yang dibuat harus berisi pesan yang mudah dipahami. Agar tujuan penyampaian informasi tercapai.

“Konten itu harus dibuat mudah, agar cepat dipahami. Jangan membuat konten yang membuat orang susah pahami. Narasi tidak mesti panjang, tapi bisa singkat, jelas dan padat,” ujarnya.

Saat Bimtek, peserta diajarkan membuat contoh  caption foto kegiatan yang berisi pesan dengan unsur 5 W + 1 H. “Sering kali foto tanpa keterangan, atau keterangan tidak lengkap, sehingga pesannya tidak utuh,” terangnya.

Dia juga menyarankan menggunakan fasilitas yang ada. Misalnya, menggunakan smart phone untuk membuat content, baik foto maupun video. Tidak mesti menggunakan alat yang mahal.

Saat itu, dia juga memberikan contoh cara pengambilan video menggunakan handphone dan menunjukkan aplikasi editing sederhana. Diharapkannya,   staf kehumasan KPU Kabupaten Bima, terus melatih diri. “Orang tentu ingin tahu apa yang dilakukan oleh KPU dalam menyiapkan  pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020 nanti,” ujarnya. (IAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Empat terduga  pelaku pembakaran logistik Pemilu di Kecamatan Parado tidak dapat menggunakan hak pilihnya saat Pemungutan Suara Ulang (PSU) Sabtu (24/2/2024). Pasalnya...

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Penunguran Suara Ulang (PSU) di Kecamatan Parado, Kabupaten Bima, Sabtu 24 Februari 2024 berjalan lancar. Untuk itu, KPU menyampaikan apresiasi kepada semua...

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima telah mengeluarkan surat keputusan Nomor 7O5 Tahun 2024 tentang Penetapan Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang pada Pemilihan...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.-  Logistik Pemilu 2024 di lima TPS di Kecamatan Parado, Kabupaten Bima, di Desa Wane, Rato, Kamsa, Desa Lere. Pembakaran dilakukan saat...

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Sehari menjelang pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024, Selasa (13/2/2024)  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima melakukan pemusnahan suara rusak  di...