Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Di Desa Penapali Ada Budidaya Jamur Tiram

Budidaya jamur tiram oleh kelompok Tunas Baru Desa Penapali.

Bima, Bimakini.- LP2DPM bekerja sama dengan Islamic Relief membentuk Kelompok Jamur Tiram Tunas Baru Desa Penapali, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima. Kelompok tersebut berjumlah 15 orang dari Relawan Kemanusiaan Tim Siaga Bencana Desa (TSBD) Penapali, dibantu tiga Kader LP2DPM.

Sekertaris Kelompok Tunas Baru, Suhardin, Spd,mengungkapkan, ide awalnya dari Islamic Relief dan bekerja sama dengan LP2DPM. Termasuk pembiayaan untuk program kegiatan Jamur Tiram ditanggung semua.

“Kegiatan ini awalnya ide dari Islamic Relief dan bekerja sama dengan LP2DPM, lalu kami dari TSBD membentuk kelompok Tunas Baru ini, semua pembiayaan sudah ditanggung, kami tinggal kerja saja,” ujarnya, Kamis (13/8).

Suhardin juga menuturkan, 15 orang kelompok tetap aktif pemberdayaan di posko kelompok Tunas Baru, setelah menerima pelatihan selamatiga hari.

“Alhamdulillah teman-teman yang tergabung dalam kelompok ini semangat terus untuk bekerja, kegiatannya sudah berjalan selama sepekan, terhitung sejak anggota menerima pelatihan,” lanjut Suhardin.

Dia juga mengatakan, kegiatan tersebut kesekian kalinya dilakukan oleh Islam Relief dan LP2DPM. Setelah sebelumnya pemboran air bersih dilingkungan penduduk.

Selain itu, Samlan, anggota kelompok Tunas Baru mengatakan, target yang ingin diproduksi oleh kelompok tersebut 2.160 baglog. “Sejak seminggu ini, sebanyak 1.400 baglog sudah jadi dan kita targetkan sebanyak 2.160 baglog,” ujarnya.

Dijelaskannya, masa panen jamur tiram tersebut hingga dua bulan. “Alhamdulillah sejauh ini lancar, belum terdapat kendala, semoga ini dapat berhasil hingga masa panennya dua bulan kedepan,” ujarny.

Jika sudah berhasil, kata dia, akan dipasarkan di supermarket. (K06)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Ekonomi

Mataram, Bimakini.-  -Yayasan HBK Peduli memberi konsentrasi besar terhadap dunia pertanian. Produksi Jamur Tiram dinilai layak terus ditingkatkan. Pernyataan ini diungkapkan oleh Ketua HBK...

Ekonomi

Bima, Bimakini.-  Desa  Penapali, Kecamatan Woha, kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD)  Tahap II, Senin (08/06) di aula kantor desa. 77 Kepala...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Desa Dadibou dan Desa Penapali Kecamatan Woha Kabupaten Bima, melantik Sekretaris Desa (Sekdes) dan Kepala Urusan (Kaur) di Aaula kantor kecamatan setempat, Rabu...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini. – Kasus pengancaman dan penodongan menggunakan senjata api rakitan (Senpi) kembali terjadi. Kali ini menimpa Syahrul warga Desa Penapali, Kecamatan Woha, Kabupaten...