Ekonomi

Di Desa Penapali Ada Budidaya Jamur Tiram

Budidaya jamur tiram oleh kelompok Tunas Baru Desa Penapali.

Bima, Bimakini.- LP2DPM bekerja sama dengan Islamic Relief membentuk Kelompok Jamur Tiram Tunas Baru Desa Penapali, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima. Kelompok tersebut berjumlah 15 orang dari Relawan Kemanusiaan Tim Siaga Bencana Desa (TSBD) Penapali, dibantu tiga Kader LP2DPM.

Sekertaris Kelompok Tunas Baru, Suhardin, Spd,mengungkapkan, ide awalnya dari Islamic Relief dan bekerja sama dengan LP2DPM. Termasuk pembiayaan untuk program kegiatan Jamur Tiram ditanggung semua.

“Kegiatan ini awalnya ide dari Islamic Relief dan bekerja sama dengan LP2DPM, lalu kami dari TSBD membentuk kelompok Tunas Baru ini, semua pembiayaan sudah ditanggung, kami tinggal kerja saja,” ujarnya, Kamis (13/8).

Suhardin juga menuturkan, 15 orang kelompok tetap aktif pemberdayaan di posko kelompok Tunas Baru, setelah menerima pelatihan selamatiga hari.

“Alhamdulillah teman-teman yang tergabung dalam kelompok ini semangat terus untuk bekerja, kegiatannya sudah berjalan selama sepekan, terhitung sejak anggota menerima pelatihan,” lanjut Suhardin.

Dia juga mengatakan, kegiatan tersebut kesekian kalinya dilakukan oleh Islam Relief dan LP2DPM. Setelah sebelumnya pemboran air bersih dilingkungan penduduk.

Selain itu, Samlan, anggota kelompok Tunas Baru mengatakan, target yang ingin diproduksi oleh kelompok tersebut 2.160 baglog. “Sejak seminggu ini, sebanyak 1.400 baglog sudah jadi dan kita targetkan sebanyak 2.160 baglog,” ujarnya.

Dijelaskannya, masa panen jamur tiram tersebut hingga dua bulan. “Alhamdulillah sejauh ini lancar, belum terdapat kendala, semoga ini dapat berhasil hingga masa panennya dua bulan kedepan,” ujarny.

Jika sudah berhasil, kata dia, akan dipasarkan di supermarket. (K06)

Share
  • 55
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top