Peristiwa

Enam Rumah di Desa  Samili Terbakar, Tiga Rata dengan Tanah

Kondisi rumah yang terbakar di Desa Samili.

Bima, Bimakini.- Kebakaran terjadi di Desun  Santula, RT 13, Desa Samili, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima,  Sabtu (8/8).  Enam rumah terbakar, tiga diantaranya rata dengan tanah.

Menurut keterangan salah satu warga, Hairul Alam, tiga rumah lainya rusak sedang.  Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 08.30 Wita. Penyebab kebakaran diduga konsletinglistrik dari salah satu rumah korban. “Sumber api dari rumah H Mahmud,” ujarnya.

Warga Desa Samili yang mengetahui kejadian itu menuju sumber api untuk membantu memadamkannya. Meskipun warga hanya menggunakan peralatan yang seadanya.

Sebagian warga lain berusaha menyelamatkan harta benda, karena kuatir rumah akan ikut terbakar.

Sekitar 30 menit setelah kejadian, dua unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar)  datang dan berusaha memadampang api. Disusul 1 unit mobil Water Canon dari Polres Bima.

Warga lainnya,Nandar, yang rumahnya berada dekat kebakaran mengungkapkan, ratusan warga  berusaha memadamkan api.  “Kami bersama warga yang lain berusaha memadamkan api dengan alat dan air seadanya, untung mobil kebakaran cepat hadir.  Kami tidak tau bagai mana jadinya kalau tidak ada mobil pemadam atau telat datangnya,” ujarnya.

Iksan juga mengungkapkan,  saat kejadian, angin  tidak kencang.  “Kalau saja anginnya kencang pasti satu kampung ini akan terbakar, apalagi kalau kejadian ini terjadi pas malam, syukur kejadian ini,” ujarnya.

Sementara itu, Gun, Petugas Pemadam Kebbakaran,  mengaku setelah laporan masuk, langsung ke lokasi. “Kami bergegas memadamkan api,” ujarnya.

Pantauan Bimakini.com, api berhasil dipadamkan oleh tim Pemadam Kebakaran bersama warga. Terlihat juga  anggota TNI dan Polisi.

Kerugian atas kejadian tersebut diperkirakan mencapai ratusan juta.

Berikut warga yang rumahnya terbakar, Imam Fauzi H Mahmud, rumah panggung 16 tiang rata dengan tanah.  Hj Rukayah,  rumah panggung sembilan tiang rata dengan tanah. Ibrahim Jafar, rumah panggung 12 tiang rata dengan tanah.

Sementara rumah Safruddin, Abdullah Jafar dan M Iksan, rusak sedang. (K06)

Share
  • 234
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top