Olahraga & Kesehatan

Kejuaraan Catur HUT ke-75 RI Kota dan Kabupaten Bima Digelar

ilustrasi

Kota Bima, Bimakini..- Kejuaraan terbuka Catur Kota Bima dan Kabupaten Bima akan digelar 4-6 September 2020 di SMA PGRI Kota Bima. Kejuaraan dengan menggunakan sistem Swiss sembilan babak. Mempertandingkan kelas senior Non Master dan Veteran untuk merebutkan hadiah belasan juta dari Ketua Percasi Kota Bima, Drs H Sudirman Ismail, M.Si dan KONI Kota Bima.

Ketua panitia kejuaraan, Anhar Alamanda, SH, mengatakan, kejuaraan ini untuk menumbuhkan semangat baru bagi pecatur dari Kota Bima dan Kabupaten Bima. Selama pertandingan setiap pemain tetap memerhatikan protokol kesehatan dari pemerintah. Mereka harus membawa papan catur, bahkan juga menyiapkan jam catur. Tidak hanya itu, pemain harus patuh pada aturan FIDE, tidak merokok, waktu kalah WO 15 belas menit sejak pertandingan dimulai.

“Peraturan yang dikeluarkan ini tanpa ada komentar dan tak bisa diprotes. Apalagi aturan itu ditempelkan bersamaan dengan hasil pertandingan,” ujarnya Via WA, tadi malam.

Untuk mengetahui penentuan juara, kata dia, ditetapkan berdasarkan jumlah nilai tertinggi, head to head, buchotzs, Sonneborn Berger dan Progressive Score (PS). Jika ada yang protes terhadap keputusan wasit, maka diajukan secara tertulis dengan disertai uang Rp150 ribu. Apabila protesnya dibenarkan oleh dewan hakim, maka uang akan dikembalikan, tetapi jika salah uang itu menjadi milik panitia.

Kata Anhar, untuk kelas senior Non Master dan Veteran, masing-masing Juara I-X dengan nilai yang sudah ditentukan. “Kita berharap dalam kejuaraan ini muncul pecatur-pecatur muda berbakat yang akan diseleksi untuk kejuaraan pada jenjang yang lebih atas lagi, seperti Kejurda dan Porprov,” katanya.

Ketua Percasi Kota Bima, Drs H Sudirman Ismail, M.Si, menegaskan, dalam kejuaraan itu harus tetap menjaga protokol kesehatan Covid 19. Oleh karena itu, panitia harus secara ketat mengingatkan peserta. Bahkan, jika ada pemain yang kurang sehat sebaiknya tidak diikutkan. Semangat olah raga otak ini perlu terus digalakan karena pecatur Kota dan Kabupaten Bima termasuk yang menjadi andalan kuat pada kejuaraan level atas.

“Kita menginginkan ada pemain muda berbakat lahir dalam kejuaraan ini, sehingga pecatur yang sudah ujur sebaiknya merelakan estafet regenerasi pemain yang disiapkan untuk kejuaraan yang lebih bergensi lagi di tingkat Provinsi NTB dan Nasional,” katanya di Gor Sudirman, Kamis. (BE02)

Share
  • 32
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top