Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Mahadesa, Jurus Pemprov NTB Bantu UMKM Akses Pasar

Peresmian program Mahadesa.

Mataram, Bimakini.- Pada April 2020 lalu, Desa Kuripan Utara, Kabupaten Lombok Barat, menjadi saksi bermulanya ide besar membangun sistem perdagangan berbasis teknologi digital di NTB. Sistem perdagangan ini diharapkan menjadi jembatan agar produk UMKM NTB mudah mengakses pasar digital. Semua konsep ini adalah wujud nyata dari Mahadesa, sebuah program infrastruktur ekonomi digital terintegrasi di NTB.

Founder Mahadesa, Sulthon Muhammad, menjelaskan sejak 2019, Pemprov NTB bekerjasama dengan Mahadesa mengembangkan pembangunan ekonomi daerah dengan menjadikan perusahaan daerah baik BUMD Provinsi, Kabupaten, hingga BUMDES, sebagai pelaku langsung yang mengelola berbagai potensi bisnis di NTB.

Menurut Sulthon Muhammad, infrastruktur ekonomi digital diterjemahkan oleh Mahadesa sebagai sebuah bingkai kerja yang ditopang oleh beberapa hal penting yang wajib ada di daerah tersebut. Hal-hal tersebut meliputi jaringan penjualan dan distribusi, akses aupply chain & demand, akses financing & perbankan, resource & kualitas sumber daya manusia, sistem digital managemen bisnis dan terakhir, big data market (supply & demand).

Infrastrukturekonomi digital adalah distem digital managemen perdagangan dan distribusi yang membantu mempermudah setiap wirausaha, pelanggan, principle, distributor, keluarga, UMKM, BUMD, BUMDES dan partisan yang berkepentingan dalam rantai bisnis di Provinsi NTB, untuk mendapatkan layanan yang secara otomatis terhubung satu dengan yang lainnya sesuai kebituhannya dengan platform sistem digital.

“Sistem digital ini berbentuk aplikasi baik dalam mobile apps ataupun web based, dimana semua kegiatan bisnis bisa dilakukan oleh semua pelaku usaha di atas,” jelasnya.

Menurut Sulthon Muhammad, infrastruktur ekonomi digital memberdayakan keberadaan jaringan pusat perdagangan dan distribusi menjadi lancar dan mudah diakses. Dengan demikian, transaksi ekonomi antara pelaku usaha dengan konsumennya dapat dilakukan dengan mudah.

Setiap desa, melalui BUMDES sebagai pengelola pusat perdagangan dan distribusi desa dimudahkan dengan adanya fasilitas katalog produk yang memungkinkan produk lokal desa didaftarkan menjadi produk katalog. Kemudian, katalog ini dapat dipasarkan di semua desa di NTB bahkan nasional melalui jaringan penjualan dan distribusi yang dibangun oleh Mahadesa.

Untuk mewujudkan konsep ini, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, telah memulai dengan membuka pusat perdagangan dan distribusi desa atau Trade and Distribution Center (TDC) Kuripan Utara, 23 April 2020 lalu.

Setelah Desa Kuripan Utara, Kabupaten Lombok Barat, selanjutnya menyusul TDC-TDC di desa dan kelurahan lainnya di provinsi NTB.

Gubernur NTB menyampaikan bahwa program Mahadesa ini sudah dimulai denga Pilot Projects di 20 desa di Lombok Barat.

“Inti Mahadesa adalah kesadaran untuk tak jadi penonton di daerah kita sendiri. Kita terlelap kelewat lama seperti anak ayam mati di lumbung padi”, tegas Gubernur.

Mahadesa adalah bentuk inovasi yang dikembangkan oleh PT. GNE untuk memberdayakan desa secara ekonomi, memudahkan masyarakat mendapatkan berbagai jenis kebutuhannya tanpa harus keluar rumah. Pemesanan kebutuhan, dilakukan melalui sistem di perangkat ponselnya.

BUMDes dalam hal ini dilibatkan sebagai ujung tombak, sekaligus sebagai fasilitator yang akan merekap dan memenuhi pesanan rumah tangga (masyarakat). Masyarakat berbelanja layaknya ke ritel modern, cukup hanya dari rumah melalui fasilitas Mahadesa ini. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

NTB

Kota Bima, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah  menyebut dari seluruh Kabupaten/Kota, di Bima lah yang paling banyak balihonya. “Saat masuk ke Kota Bima,...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Gubernur NTB melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas pengembangan SDM...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Kehadiran Gubernur NTB yang melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Pemerintah Kabupaten Dompu telah berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM. Ketiga pilar itu diantaranya, tidak buang air besar (BAB)...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Dinilai berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM, yakni Pilar tidak buang air besar (BAB) sembarangan (Stop BABS), mencuci tangan...