Ekonomi

Patungan, Warga Rasabou Gotong Royong Perbaikan Jalan Tani

Warga yang sedang memperbaiki jalan tani di Rasabou.

Bima, Bimakini.- Warga Desa Rasabou, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, gotong royong memperbaiki jalan tani di So Kamasi dan So Mbadu. Anggaran yang digunakan yakni hasil patungan warga RT 06, RT 05 dan RT 13.

“Jalan tani sudah lama rusak, terpaksa kita patungan untuk mendapatkan anggaran perbaikan,” ujar Ketua RT 06, Suratman, Selasa (25/8).

Kata Suratman, perbaikan jalan tani mulai dilaksanakan Sabtu (22/8) lalu, dari dana yang terkumpul sebesar Rp 2.400.000. Sejumlah anggaran tersebut digunakan untuk membeli tanah urukan sebanyak 20 dump truck.

“Alhamdulillah hari pertama gotong royong perbaikan jalan tersebut dengan volume pekerjaan capai 400 meter,” tuturnya.

Pada hari kedua, Ahad (23/8) sebutnya, mendapatkan anggaran sebesar Rp 360 ribu, sekaligus untuk membeli tanah urukan sebanyak 3 dump truck. Ditambah sumbangan supir sebanyak 2 dump truck, sehingga total tanah urukan yang masuk sebanyak 25 dump truck.

“Tercatat hingga hari kedua perbaikan jalan tani hampir mencapai 500 meter,” bebernya.

Dijelaskannya, inisiatif gotong royong perbaikan jalan tani dilakukan secara mendadak mengingat kondisi jalan sudah berlubang. “Sehingga di musim hujan menyulitkan proses pengangkutan hasil pertanian,” ungkapnya.

Ketua BPD Rasabou, Syarifudin AMd mengapresiasi langkah warga setempat melakukan gotong royong perbaikan jalan tani menggunakan dana hasil patungan. Lanjutnya, saat ini masih ada anggaran yang terkumpul, karena mobil eksafator tidak beroperasi, giat gotong royong dihentikan.

“Anggaran masih ada, nanti kalau mobil eksafator operasi. Giat gotong royong perbaikan jalan tani akan dilanjutkan,” jelasnya. (BE07)

Share
  • 171
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top