Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Pemdes Tonda Gelar Upacara HUT ke-75 RI

Kades Ntonda Abdollah Ahmad

Bima, Bimakini.- Pemerintah Desa (Pemdes) Tonda Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima menggelar upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke 75 Republik Indionesia (RI) Tahun 2020 di lapangan sepakbola desa setempat, Senin (17/8).

Sebagai Inspektur Upacara (Irup) Kades Tonda Abdollah Ahmad SE, meminta kepada segenap warga agar menjiwai kehidupan berbangsa dan bernegara dengan menerapkan idiologi Pancasila.

“Menjiwai kehidupan berbangsa dan bernegara itu penting. Yakni dengan cara menerapkan Idologi Pancasila sebagai dasar Negara,” ujar Kades Tonda, saat diwawancara usai pelaksanaan Upacara HUT ke 75 RI, Senin (17/8).

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tidak lepas dari sebuah tatanan tingkah laku kehidupan yang sesuai dengan karakter dan kepribadian bangsa Indonesia. Namun yang terjadi akhir – akhir ini banyak warga yang telah melupakan nilai – nilai atau norma Pancasila, sehingga tidak jarang terjadi kasus kekerasan serta kejahatan yang tidak sesuai dengan peri kemanusiaan yang tidak mencerminkan nilai – nilai Pancasila,” tuturnya.

Untuk itu, sebagai warga negara yang baik, tentunya kita perlu membina dan memupuk kepribadian kita. Dengan demikian akan terwujud nilai – nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita harus instropeksi diri, sehingga tumbuh kesadaran hidup sesuai norma – norma Pancasila,” pintanya.

Disampaikannya, Pemdes Tonda sengaja melaksanakan HUT RI tahun ini dengan melibatkan semua unsur yang ada di desa setempat. Dengan tujuan masyarakat dapat ikut serta dalam upacara, sehingga dapat mengingat sejarah bangsa , sekaligus dapat menjiwai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Alhamdulillah Upacara HUT Kemerdekaan ke 75 RI berjalan sesuai harapan. Yakni lancar dan penuh khidmat,” ungkapnya.

Dilaporkannya, Pembaca Teks Proklamasi yakni Ketua BPD, Komandan Upacara anggota BPD, Perwira Upacara Sekdes, Regu Penyanyi Karang Taruna. Begitu pun bertindak sebagai Pasukan Pengiring Bendera merupakan siswa dan siswi SMA asal desa setempat.

“Semua pelaksana Upacara HUT Kemerdekaan RI sengaja melibatkan semua elemen yang ada di desa setempat. Sedangkan jajaran pemerintah kecamatan dan Muspika sebagai undangan,” bebernya.

Dirinya berharap, kegiatan HUT Kemerdekaan ke 76 RI akan datang dapat dilaksanakan di lapangan sepakbola desa setempat. Hal itu supaya tidak monoton, sehingga masyarakat desa setempat dapat menyaksikan secara langsung upacara HUT RI tingkat Kecamatan Madapangga.

“Tahun – tahun sebelumnya Upacara HUT Kemerdekaan RI selalu dilaksanakan di lapangan sepakbola Desa Dena. Supaya tidak monoton, Upacara HUT Kemerdekaan ke 76 RI Tahun 2021 diselenggarakan di lapangan sepakbola Desa Tonda,” tutupnya. (BE07)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Rangkaian upacara detik-detik Proklamasi hingga upacara penurunan bendera peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang ke 77 dilapangan Beringin Dompu,...

Pemerintahan

  Bima, Bimakini.- Terkait kerusakan lahan dan sungai di Desa Tonda dan Dena, Kecamatan Madapangga, Bima akibat aktivitas galian C yang dilakukan oleh PT....

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Pemerintah Desa (Pemdes) Tonda Kecamatan Madapangga menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) untuk 16 warga Lanjut U sia (Lansia) kategori miskin. Penyaluran Bansos tersebut dilakukan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kegiatan pengembangan permukiman di Desa Tonda Kecamatan Madapangga disorot. Pasalnya, kegiatan tersebut dikerjakan tidak sesuai bestek, selain itu kegiatan dilaksanakan setelah limit...

NTB

Mataram, Bimakini.- Upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia di Provinsi NTB, berlangsung khidmat dan tetap dalam protap protokol kesehatan covid-19. Peserta...