Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Peternak di NTB Sumringah, dapat Bantuan dari Pemerintah dan Pemprov NTB

Penyerahan bantuan oleh Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah.

Mataram, Bimakini.- Kunjungan Kerja Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo, disambut baik oleh masyarakat Kabupaten Lombok Tengah, khususnya bagi para peternak sapi di Desa Barabali, Sabtu (22/8/2020).

Pasalnya, peternak di Lombok Tengah mendapat bantuan dari Kementerian Pertanian berupa 40 ekor sapi dengan total harga Rp 640.000.000 dan 2.000 ekor itik dengan total harga Rp 17.000.000. Sedangkan Pemerintah Provinsi NTB memberikan 140 ekor sapi dengan total harga Rp 2.240.000.000, 225 ekor kambing dengan total harga Rp 231.224.000 dan 10.000 ekor itik dengan total harga Rp 85.000.000.

Sebanyak 800 ekor pedet (anak sapi) yang dipanen oleh peternak setempat, menjadi bukti bahwa berjalannya program Sikomandan (Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri) di Provinsi NTB. Sikomandan sendiri merupakan salah satu upaya dari Kementerian Pertanian dan Peternakan untuk meningkatkan pertumbuhan populasi dan produksi sapi dan kerbau dalam negeri.

Syahrul dalam hal ini menyampaikan bahwa sektor pertanian di masa pandemi saat ini tidak akan rugi. Oleh karena itu, Ia berharap NTB kedepannya terus meningkatkan kekuatannya pada sektor pertanian dan peternakan.

“Saya melihat limbah-limbah yang digunakan sudah bagus, mudah-mudahan itu bisa kita kembangkan karena beternak itu kuncinya ada di pakannya,” jelasnya.

Ia mengungkapkan rasa bahagianya. Menurutnya, membantu para peternak kecil merupakan tugas dari Menteri Pertanian dan seluruh stakeholder di daerah tersebut.

“Saya bahagia sekali bisa bersama-sama dan September ini saya ingin melihat penanaman yang lebih kuat lagi khususnya jagung dan padi,” tutupnya.

Hamdi, salah satu peternak yang memulai usahanya sejak 3 tahun yang lalu, mengungkapkan rasa syukurnya kepada pemerintah, karena dengan adanya bantuan ini mampu meningkatkan ekonominya. Sehingga dapat terus berkembang lebih baik lagi.

“Saya sangat berterima kasih karena bantuan ini kita dapat memelihara sapi yang awalnya sedikit menjadi lebih banyak lagi,” jelasnya.

Hal yang sama diungkapkan oleh salah satu peternak bernama H. Sahdan. Ia mengaku senang karena pemerintah dan Menpan dapat melihat bagaimana situasi dan kondisi kandang secara langsung. Ia berharap agar disediakan kandang yang bagus bagi para peternak.

“Supaya dapat menjamin kandang yang bagus untuk pemeliharaannya. Itu saja yang kita harapkan kepada pemerintah,” harapnya. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

NTB

Kota Bima, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah  menyebut dari seluruh Kabupaten/Kota, di Bima lah yang paling banyak balihonya. “Saat masuk ke Kota Bima,...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Gubernur NTB melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas pengembangan SDM...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Kehadiran Gubernur NTB yang melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Pemerintah Kabupaten Dompu telah berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM. Ketiga pilar itu diantaranya, tidak buang air besar (BAB)...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Dinilai berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM, yakni Pilar tidak buang air besar (BAB) sembarangan (Stop BABS), mencuci tangan...