Hukum & Kriminal

Redam Konflik Woro – Tangga Baru, Dandim dan Kapolres Bima Ajak Jaga Keharmonisan

Suasana silaturahmi Kapolres dan Dandim Bima di Desa Woro dan Monta.

Bima, Bimakini.- Untuk meredam konflik berkepanjangan antar kelompok warga Desa Waro dan Tangga Baru, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, Kapolres Bima Kabupaten, AKBP Gunawan Tri Hatmoyo, S.Ik dan Dandim 1608 Bima, Lelkol Inf Teuku Mustafa Kamal, silaturahmi didua desa, Sabtu (1/8) malam.

Pascakasus penganiayaan yang menewaskan Candra Irawan, warga Desa Waro, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, Kamis (30/7), aparat terus bekerja keras siang dan malam. Menggalang solidaritas agar kedua kelompok desa tidak saling serang.

Kerja keras aparat patut mendapatkan apresiasi, siang malam bersiaga dan lakukan penggalangan terhadap masyarakat dua desa yang bentrok.

“Saya mengajak seluruh masyarakat desa Waro, untuk ikhlas menerima musibah yang telah terjadi, sebab manusia telah digariskan untuk menghadap sang khaliq,” harap Dandim.

Pria asal Aceh ini mengatakan, tidak ada gunanya menyimpan dendam dan melampiaskannya ke orang yang tidak bersalah. Apalagi merusak dan membakar rumah-rumah.

“Kita harus menerima kenyataan dengan hati yang lapang dan tabah, doakan semoga almarhum diterima disisi Allah, jangan menciptakan masalah baru,” harapnya.

Dia juga berharap kepada warga Waro, jangan percaya isu yang sengaja disebarkan oleh oknum yang ingin memecahbelah hubungan antara masyarakat yang satu dengan yang lainnya.

“Jangan percaya isu, sebab akan memprovokasi masyarakat, mari kita serahkan pada proses hukum, jangan main hakim sendiri yang dapat merugikan diri pribadi dan orang banyak,” kata dia.

Sementara Kapolres Bima, AKBP Gunawan Tri Hatmoyo, S. Ik, menyampaikan hal sama. Menciptakan konflik tidak ada gunanya, sebab akan menghambat segala bentuk kegiatan terutama tidak lancarnya ekonomi masyarakat.

“Tidak ada gunanya lakukan konflik berkepanjangan, semua aktivitas masyarakat terhambat kalau konflik terus berkelanjutan,” katanya.

Upaya cipta kondisi dilakukan TNI Polri tidak akan membuahkan hasil apabila tidak ada kesadaran dan kerja sama masyarakat.

“Mari kita sama-sama menjaga keharmonisan antar satu dengan yang lain, kita ciptakan kondisi yang kondusif aman dan jangan ada kekutiran, serahkan prosesnya ke kami penegak hukum,” ujarnya.

Pantauan langsung wartawan media ini, Dandim dan Kapolres lebih awal berilaturahmi bersama masyarakat Tangga Baru. Setelah itu dilanjutkan dengan pertemuan dengan masyarakat Desa Waro di rumah duka. (BE05)

Share
  • 33
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top