Pemerintahan

Sebut Eselon II Jabatan Politik, Kadis Dikpora Dompu Dikritik

Pemerhati Sosial Politik, Suherman

Dompu, Bimakini. – Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Dompu, M Amin, S.Sos menyebutkan bahwa jabatan eselon II merupakan jabatan politik. Hal itu mendapat sorotan, lantaran jelang Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Dompu pada 9 Desember 2020.

“Saya apresiasi arahan Plt Kadis Dikpora yang baru kepada Kepala Sekolah dan guru agar bersikap netral di Pilkada Dompu 2020. Namun sangat disayangkan dan disesalkan apabila ada pernyataan yang mengatakan bahwa Jabatan Eselon II sebagaimana diberitakan adalah jabatan politik dan secara pribadi berhak berpolitik praktis dan hak politiknya dijamin dalam UU,” kritik Suherman pada media ini, Senin (03/8).

Dia mengingatkan, agar semua pihak tidak salah menafsirkan soal Undang-undang ASN dan Undang-undang Pilkada. Sebab dalam UU Nomor 5/2014 tentang ASN sudah sangat jelas dan tegas dinyatakan soal netralitas ASN.

Meski demikian, ASN yang ingin berpolitik praktis diberikan hak dalam arti dan makna ketika ingin menjadi calon kepala daerah atau wakil kepala daerah namun dengan syarat dan ketentuan harus mundur sebagaimana yang dilakukan oleh H. Ichtiar.

“Jadi berpolitik praktis itu maknanya ketika ingin menjadi calon bukan dalam makna berhak mengajak atau mengarahkan orang untuk memilih calon tertentu di Pilkada,” jelasnya.

Katanya, ASN berhak memilih calon tertentu di Pilkada. Namun pilihan itu diberikan dan dinyatakan di tempat pemungutan suara (TPS). Bukan dengan mengumbar, mengajak, menjadi tim kampanye atau bahkan sebagai pejabat ASN membuat keputusan atau kebijakan yang menguntungkan pasangan calon tertentu di Pilkada.

Ditambahkannya, pernyaatan demikian juga akan menimbulkan dan menegaskan kesan selama ini seolah-olah bahwa untuk meraih suatu jabatan Eselon II di pemerintahan itu harus berpolitik praktis.

“Ini sudah melenceng dari semangat reformasi birokrasi dalam hal membangun budaya meryt sistem,” tutur Suherman.

Untuk itu, dia berharap kepada para pejabat publik apalagi sekelas Kepala Dinas agar lebih berhati-hati lagi dalam memberikan pernyataan di ruang publik apalagi urusan-urusan politik Pilkada. Jangan sampai yang disampaikan menimbulkan multitafsir bagi publik.

“Saya mengucapkan selamat atas diamanahkan nya sebagai Plt. Semoga kedepan dapat membawa kemajuan bagi pendidikan di Kabupaten Dompu terutama disaat pandemi Covid-19 dan Gelaran Pilkada 2020,” harapnya.

“Dunia pendidikan diharapkan tetap netral dan ikut berkontribusi mewujudkan Pilkada yang jujur dan adil,” harapnya lagi. (K07)

Share
  • 136
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top