Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Wali Kota Bima: Jangan Jadi Wartawan Orderan

Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE, saat ikut menandatangani berita acara pelantikan Pengurus PWI Perwakilan Bima, Senin (24/8).

Bima, Bimakini.- Wartawan harus menulis masalah secara holistik, bukan parsial. Harus ada cek and balance (keberimbangan) dan jangan menjadi wartawan orderan.

Hal itu disampaikan Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE, saat pelantikan Pengurus PWI Perwakilan Bima, Senin (24/8).
Lutfi juga mengingatkan, agar wartawan tidak terjebak dengan kepentingan pribadi. Harus ada edukasi bagi masyarakat. “Dengan berita yang berimbang, maka masyarakat akan tercerahkan, dapat memahami persoalan secara utuh,” ujarnya.

Walikota Bima juga menyampaikan harapan, adanya PWI Perwakilan Bima dapat memperkuat peran wartawan. “PWI merupakan organisasi wartawan tertua di Indonesia. Perannya sangat tinggi dalam mendorong terwujudnya pembangunan,” ujarnya.

Lutfi juga menitip pesan, agar para wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistik tetap kedepankan kode etik. Wartawan tidak boleh mengedepankan kepentingan pribadi.

“Saya juga mantan wartawan, lahir dari media kampus, menggagas lahirnya AJI dan mendirikan tabloid Politik nasional. Tahu betul peran wartawan itu bagaimana,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu Lutfi juga mengeritik para jurnalis yang bekerja tidak sesuai ketentuan. Hadir menjalan tugas atas dasar kepentingan, subyektif dan tidak berimbang, bahkan dalam bermedia tidak mengikuti ketentuan berbadan hukum.

Dia juga meminta kepada para jurnalis untuk tidak berkecil hati menjalankan profesi mulia ini. Tetap berkarya dan mengasah kemampuan agar tulisan tulisan dapat mencerdaskan pembaca dan publik. (BE04)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.-  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Muhammad Lutfi, mantan Wali Kota Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kamis malam, 5 Oktober 2023. Beregam...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hanya menahan Mantan Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE, dalam kasus dugaan gratifikasi dan korupsi mega...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Mantan Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE, akhirnya ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Kamis 5 Oktober 2023 malam. Mantan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE bertindak selaku inspektur Upacara pada Peringatan Hari Ulang Tahun Perhubungan Nasional Tingkat Kota dan...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima, H Muhammad Luthfi, SE memanfaatkan momentum apel gabungan Pemkot Bima untuk mengutarakan persoalan yang dihadapinya, Senin 4 September...