Pendidikan

45 Mahasiswa Baru Program Bidikmisi Minati Ilmu Komunikasi STISIP Bima

Kegiatan  praktek oleh mahasiswa Jurusan Komunikasi STISIP Mbojo Bima.

Bima, Bimakini.- Pendaftaran Mahasiswa baru jurusan ilmu komunikasi di Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Mbojo Bima, terus meningkat. 45 calon mahasiswa baru jurusan ilmu komunikasi, sudah diajukan untuk dapat program beasiswa Bidikmisi.

Ketua Prodi Komunikasi, Arief Hidayatullah MSi mengatakan, pendaftaran mahasiswa baru jurusan ilmu komunikasi tahun 2020 alami peningkatan dari tahun sebelumnya. Dari sejumlah mahasiswa yang daftar, sebagian melalui jalur beasiswa bidikmisi. “86 orang mahasiswa baru jurusan ilmu komunikasi daftar tahun 2020, sementara yang diajukan melalui beasiswa Bidikmisi sebanyak 45 orang,” katanya,  Ahad (13/9).

Lanjutnya, sejumlah mahasiswa yang daftar, akan dibagi jadi dua ruangan. Ruangan pertama untuk 45 orang yang ketegori beasiswa Bidikmisi, sisanya ruangan tersendiri. Tujuan dipisah ruangan kategori beasiswa bidikmisi, untuk dilakukan binaan khusus. “Binaannya sesuai aturan Kemenrisetdikti supaya bisa lebih eksis dan bermanfaat setelah jadi sarjana. Tujuannya, supaya lebih terampil dengan potensi yang unggul dibidangnya sebagai bukti keseriusan mahasiswa habiskan anggaran Negara,” tuturnya.

Tambah Arief sapaan akrabnya, untuk melahirkan sarjana unggul yang berpotensi dibidang ilmu komunikasi, fokus mata kuliahnya bahas tentang jurnlistik, Humas, periklanan, desin grafis dan  penyiaran. Untuk mendukung hal itu, Prodi komunikasi sudah siapkan laboratorium masing-masing. “Selesai PKKBMB, proses perkuliahan sudah mulai aktif. Mahasiswa baru bisa langsung tekuni bidang-bidang sesuai potensinya,” tuturnya.

“Perkenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKBMB) berlangsung selama dua hari yaitu Sabtu – Minggu (12-13/9). Pelaksanaannya sesuai imbauan protokol kesehatan dengan pakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan lainnya. Kegiatan dilakukan di dalam kampus dengan penyampaian materi dari Kepolisian, Kodim bima dan organisasi Kampus seperti Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom),” terang Ketua Prodi.

Ketua Himakom, Rustam Efendi mengatakan, berbagai upaya dilakukan Himakom sebagai motivasi awal calon Maba untuk daftarkan diri di jurusan ilmu komunikasi. Lewat rancangan program kerja, banyak kegiatan yang sudah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir dan melibatkan SMK/SMA/MA Sederajat maupun masyarakat. “Kegiatan seperti seminar Humas kerjasama dengan Pemkot dan BUMN (PLN Persero Cabang Bima, PT Garuda Indonesia Cabang Bima), pelatihan jurnalistik kerjsama dengan MAN 2 Kobi, dan kegiatan lainnya,” penyampaiannya saat kegiatan PKKBMB.

Mahasiswa baru mengaku, motivasi awal masuk di STISIP Mbojo Bima dan mengambil jurusan ilmu komunikasi, untuk sesuaikan diri dengan perkembangan era modernisasi yang membutuhkan kecakapan dalam bidang komunikasi dan teknologi. “Kebanggaan terbesar bagi kami bisa jadi mahasiswa STISIP, dan sebuah keberuntungan bisa belajar dan ambil jurusan ilmu komunikasi. Apalagi ilmu komunikasi jurusan pertama di pulau sumbawa dengan predikat akreditasi B,” kata peserta PKKBMB, Sahidah.

Hal serupa diungkapkan Almadiah Saputra, Iskandar dan Mahmudin saat praktek jadi reporter. (BE10)

Share
  • 20
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top