Peristiwa

Daftar Tunggu Masa Haji Kabupaten Bima 31 Tahun

H Abdul Haris, MPd

Bima, Bimakini.- Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Bima, menerima daftar Haji tahun 2020 dengan daftar tunggu 31 tahun. Bisa daftar kilat melalui travel yang miliki ijin resmi dengan bayaran lebih tinggi.

Kasi PHU Kemenag Kabupaten Bima, H Haris, MPd mengatakan, jamaah yang ingin daftar haji terlebih dahulu harus menyetor uang pendaftaran melalui bank sebesar Rp25 juta. Kemudian bank akan melakukan validasi nomor supaya terhubung secara online dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). “Pendaftaran haji sesuai Perpres tahun 2018, ada 24 Bank Syariah yaitu BNI, BRI, Mandiri, Danamon dan lainnya,” katanya, Kamis (3/9).

Lanjutnya, setelah terbitnya nomor validasi oleh bank, jamaah haji ke Kemenag Kota/Kabupaten dengan lengkapi persyaratan berupa KK, KTP, akta kelahiran dan surat keterangan sehat dari dokter. “Kemenag akan hubungkan dengan sistem komputerisasi haji untuk terbitkan nomor kursi jamah haji,” imbuhnya.

Untuk tahun 2020 kata Haris, jamaah haji yang sudah dapatkan nomor kursi, akan tunggu masa pemanggilan 31 tahun. Kemenag Kota/Kabupaten melakukan pemanggilan setelah diterbitkan nama oleh Kemenag Pusat. “Namun seiring perkembangan waktu, 31 tahun bisa dipercepat. Karena tergantung dari kuota penerimaan jamaah haji oleh Kerajaan Arab Saudi,” terangnya.

Saat ini, uang pendaftaran jamaah haji turun dari tahun sebelumnya. Tahun 2019 sebesar Rp38 juta turun jadi Rp37,3 juta. Sementara pendaftaran awal sebesar Rp25 juta, sisanya bayar setelah ada pemanggilan nama oleh Kemenag.

Jamaah haji yang berhalangan karena sakit atau meninggal, batas penundaan tiga kali, bisa juga sekali  jika dilimpahkan pada keluarga. “Umur jamaah bisa daftar haji yaitu 12 tahun, sementara yang bisa berangkat minimal 18 tahun. Keberangkatan umur muda bisa dilakukan melalui pelimpahan karena yang daftar awal terkedala sakit, meninggal atau melebihi umur 93 tahun. Namun bisa juga uang pendaftaran dikembalikan secara utuh,” tuturnya.

Bagi jamaah haji yang ingin daftar kilat, bisa melalui travel yang berada di Jakarta dengan bayaran lebih tinggi. Tapi secara legalitas, travel tersebut memiliki ijin resmi dari Pemerintah. “Pembayarannya sekitar Rp300-400 juta,” katanya. (BE10)

Share
  • 597
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top