Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Figur Yang Inspiratif dan Responsif, Bang Zul dan Umi Rohmi Selalu Jadi Trending Topik

Najamuddin Amy

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. H Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB, Dr.Hj Sitti Rohmi Djalilah, telah genap dua tahun memimpin Provinsi NTB. Berbagai torehan prestasi mencuat ke permukaan justru di tengah terpaan dua bencana ; gempa bumi dan pandemi Covid-19. Beberapa terobosan dua pimpinan ini menjadi inspirasi nasional, mulai dari pola penanganan dampak ekonomi akibat pandemi hingga munculnya Perda Penanggulangan Penyakit Menular.

Public Relation Command Center (PRCC) Biro Humas dan Protokol Provinsi NTB membuat analisis dengan mengambil data sepanjang 2019 hingga September 2020 di media online dan di tiga platform media sosial yaitu Facebook, Twitter, dan Instagram. Tim PRCC membuat analisis yang lebih tematik yaitu siapa tokoh yang paling banyak diperbincangkan netizen di NTB.

Dari hasil analisis tersebut muncul nama Gubernur NTB Dr. H Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB Dr.Hj Sitti Rohmi Djalilah di posisi satu dan dua teratas. Mereka paling banyak muncul di pemberitaan media online serta paling tinggi mention dan tag di media sosial dengan rincian nama Dr. H Zulkieflimansyah atau Bang Zul muncul sebanyak 17.617 kali. Sementara nama Dr.Hj Sitti Rohmi Djalilah atau Umi Rohmi mencuat sebanyak 15.264 kali.

“Selain di tiga platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, kedua tokoh tersebut juga paling banyak diberitakan oleh media online NTB maupun media online nasional,” Kata Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi NTB Najamuddin Amy, S. Sos, MM, Senin malam, 21 September 2020.

Ia mengatakan, sejak tahun 2019 lalu, nama Gubernur dan Wakil Gubernur NTB selalu bertengger di puncak trending topic. Hal itu terlihat dari progress laporan mingguan yang dibuat oleh tim PRCC berdasarkan engagement di media online dan media sosial. Bahkan meskipun sejumlah tokoh-tokoh nasional sering melakukan kunjungan kerja di Provinsi NTB dan menyita perhatian publik, namun untuk trending topic di posisi satu dan dua masih tetap dipimpin oleh Gubernur dan Wakil Gubernur NTB.

“Dua pimpinan ini dalam dua tahun terakhir menjadi pasangan yang sangat kompak di dunia maya. Kami memantau netizen mengidolakan keduanya karena style kepemimpinan dan program-program pemerintahan yang menarik. Sehingga trust kepada keduanya selalu eksis dan menguat,” ujarnya.

Najamuddin memandang para netizen banyak yang membincangkan Gubernur dan Wagub karena keduanya tampil menginspirasi dan sangat responsif. Misalnya Gubernur dinilai oleh netizen paling menginspirasi dan kolaboratif karena mampu mengajak seluruh komponen Forkopimda dan tokoh-tokoh dalam daerah dan tokoh nasional berkolaborasi membangun NTB.

“Sementara Ibu Wagub menjadi tokoh paling responsif yang mengawal program-program unggulan Pemprov dan penanganan medis Covid-19 di Provinsi NTB,” kata Bang Najam, sapaannya.

Ia mengatakan, nama Gubernur dan Wakil Gubernur NTB menjadi figur yang paling menonjol tidak terlepas dari kiprah dan gebrakannya selama dua tahun ini. Beberapa kebijakan Pemprov NTB bahkan menjadi acuan nasional, misalnya saja soal lahirnya Perda Penanggulangan Penyakit Menular untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di NTB dengan cara mendisiplinkan masyarakat dalam penerapan protokol Covid.

“ Polri dan Mendagri memuji langkah cepat NTB menerbitkan Perda untuk mencegah penyebaran dan melindungi masyarakat dari Covid. Daerah lain sedang bersiap membuat Perda serupa. Itu pula yang membuat nama Gubernur dan Wakil Gubernur NTB mencuat ke nasional” lanjut Bang Najam.

Sebelum terbit Perda tersebut, Presiden Jokowi juga memberikan apresiasi ke Pemprov NTB lantaran telah berhasil memberdayakan pelaku IKM/UMKM melalui program Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gemilang. Penyerapan produk-produk lokal selama pandemi dinilai telah berhasil memberdayakan pelaku usaha lokal sekaligus membantu masyarakat yang terdampak pandemi.

Selain itu, ada sejumlah produk industrialisasi yang membuat bangga masyarakat dan pemerintah seperti hadirnya sepeda listrik buatan lokal yang kini sudah mendunia. Juga hadirnya program Bela Beli Produk Lokal sebagai upaya serius Pemprov NTB memajukan IKM/UMKM.

Selain nama Bang Zul dan Umi Rohmi, sejumlah figur yang juga banyak
muncul dalam pemberitaan serta mention dan tag di media sosial yaitu Fahri Hamzah dan mantan Gubernur NTB Dr. TGH. M Zainul Majdi atau TGB. Fahri Hamzah sendiri muncul sebanyak 14.090 kali dan TGB diperbincangkan sebanyak 9.787 kali.

Dalam analisis PRCC juga muncul sederet figur-figur dari Provinsi NTB yang banyak menyedot perhatian publik selama 2019 hingga September 2020 seperti nama Kadis Kesehatan NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi, Sekda NTB H. Lalu Gita Ariadi, Bupati Kabupaten Bima Indah Dhamayanti Putri, Kapolda NTB Irjen Pol M. Iqbal, Karo Humas dan Protokol NTB Najamuddin Amy, Dirut RSUD NTB dr. Lalu Hamzi Fikri, Dirut RSUD Kota Mataram dr HL Herman Mahaputra, atlet nasional asal KLU Lalu M. Zohri hingga pedangdut asal Lotim Eva Yolanda.

Kadis Kesehatan NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi misalnya mencuat namanya sebanyak 829 kali, Sekda NTB H. Lalu Gita Ariadi sebanyak 482 kali, dr. H.Lalu Hamzi Fikri sebanyak 376 kali dan sederet figur lain dengan angka perbincangan yang berbeda-beda.

Munculnya nama Kadis Kesehatan NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi, Sekda NTB H. Lalu Gita Ariadi dan Dirut RSUD NTB dr. Lalu Hamzi Fikri dalam deretan figur yang banyak diperbincangkan netizen lantaran mereka juga banyak diberitakan oleh media online dan menjadi konsumsi perbincangan di media sosial. “Mereka sering muncul di pemberitaan karena paling intens dalam memberikan informasi terkait dengan penanganan Covid-19 di Provinsi NTB,” tutup Bang Najam. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Mataram, Bimakini.- Lembaga Kajian Sosial dan Politik Mi6 haqqulyakin, H Zulkieflimansyah dan Hj Sitti Rohmi Djalilah, akan kembali berpasangan dan melenggang mulus dalam perhelatan...

NTB

Kota Bima, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah  menyebut dari seluruh Kabupaten/Kota, di Bima lah yang paling banyak balihonya. “Saat masuk ke Kota Bima,...

NTB

Dompu, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Siti Rohmi Djalillah, MPd menyatakan kekagumannya pada komitmen Pemerintah Desa (Pemdes) Sari yang peduli dengan pengembangan literasi...

NTB

Dompu, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr HJ Siti Rohmi Djalillah mengapresiasi peran Relawan Literasi di Nusa Tenggara Barat, khususnya di Bima dan Dompu.  Hal...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Gubernur NTB melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas pengembangan SDM...