Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Gubernur NTB Kunjungi Kampung Sehat Arab di KSB

Kunjungan di Kampung sehat Arab.

Mataram, Bimakini.- Guna meningkatkan partisipasi masyarakat melawan pandemi Covid-19, Polda NTB bekerjasama dengan TNI dan Pemprov NTB membuat program “Kampung Sehat” dengan sasaran di bidang kesehatan, pendidikan, keamanan hingga sosial ekonomi.

Kampung sehat yang sudah berjalan selama tiga bulan ini sudah dalam tahap penilaian dan diikuti oleh 1.136 desa di provinsi NTB.

“Selain indah, kampung sehat ini mampu menekan penyebaran Covid-19 di provinsi NTB,” ujar Gubernur NTB, Dr H. Zulkieflimansyah, saat mengunjungi Kampung Sehat di Lingkungan Arab Kenangan, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat, Selasa (15/9/2020).

Didampingi Kapolda NTB, Irjen Pol M. Iqbal, Gubernur NTB disambut dengan lantunan salawat, marawis dan tarian khas Kabupaten Sumbawa. Dengan mematuhi protokol kesehatan, masyarakat terlihat sangat antusias menunggu kedatangan orang nomor satu di Pemprov NTB tersebut.

“Selamat pagi bu, tetap jaga kesehatan, jangan lupa tetap pakai masker,” sapa Gubernur kepada masyarakat sambil mengingatkan untuk tetap menggunakan masker.

Kampung sehat di lingkungan Arab Kenangan ini mendapat banyak apresiasi dari Gubernur dan Kapolda NTB, selain karena keindahan dan kebersihannya, kekompakan masyarakat yang sangat tinggi menjadi nilai tambah pada kampung sehat tersebut.

“Saya bersama pak Kapolda, sangat kagum dengan keindahan, kebersihan serta kekompakan masyarakat lingkungan Arab Kenangan,” tambah Gubernur.

Bagaimana tidak, selain dihiasi bunga-bunga yang menawan sepanjang jalan, di seluruh rumah di kampung sehat tersebut telah disediakan tempat cuci tangan lengkap dengan bak sampah organik, non organik dan B3. Tidak hanya itu, sepanjang perjalanan, terlihat ibu-ibu senam dengan menggunakan masker, ada juga yang sedang menjual produk lokal. Pelayanan kesehatan hingga ruang isolasi mandiri ada di kampung tersebut.

“Ingin sekali berlama-lama di kampung sehat yang indah ini, tapi ada banyak desa lagi yang harus kami kunjungi, kami mohon izin pamit,” ungkap Gubernur kepada salah seorang masyarakat yang meminta Gubernur berlama-lama di kampung sehat tersebut.

Sementara itu, Kapolda NTB mengatakan, tujuan masyarakat ikut kampung sehat bukan semata-mata ingin mengikuti lomba ataupun mendapatkan hadiah, tapi kehadiran kampung sehat ini menjadi tradisi di masing-masing kampung yang ikut berpartisipasi dalam lomba tersebut.

“Lomba dan hadiah jangan sampai menjadi satu-satunya tujuan, tapi kesehatan, kebersihan, keamanan hingga menggeliatnya roda perekonomian harus tetap berjalan meski lomba kampung sehat nantinya sudah berhenti,” harap Kapolda NTB.

Ia mengaku, kampung sehat harus bisa mengubah kebiasaan masyarakat. Dengan harapan, dimanapun masyarakat berada, kebiasaan untuk menggunakan masker, kebiasaan untuk saling menjaga keamanan hingga kebiasaan membeli produk-produk lokal tetap bisa dilakukan.

“Jangan sampai, kita menjalankan protokol kesehatan pada saat berada di kampung kita saja, tapi dimanapun kita berada, menjaga kesehatan diri sendiri dan keamanan orang lain harus menjadi yang utama,” tambah jenderal berbintang dua tersebut. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Guna menyukseskan program Kampung Sehat jilid 2 dan mencegah penularan Covid-19 di wilayah Kabupaten Dompu, Kepolisian Resor Polres Dompu melalui Polsek...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Polres Bima Kota melalui Bhabinkamtibmas, terus memantau dan mengawal keberadaan Kampung Sehat yang kini sudah menuju tingkat nasional untuk bersaing dengan...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Lantaran dinilai mampu menekan penyebaran Covid_19, program kampung sehat yang diinisiasi Polda Nusa Tenggara Barat, diperpanjang hingga tahun 2021 mendatang. Warga...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – TNI – Polri di Kabupaten Dompu, terutama Komando Rayon Militer (Koramil) Hu’u dan Kepolisian Sektor (Polsek) Hu’u serta masyarakat bersama-sama melaksanakan...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Dompu semakin mengganas, setelah Bupati Dompu Drs. H Bambang M Yasin terkonfirmasi positif Covid-19. Kini giliran Wakil...