Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Hari Hak untuk Tahu ke-18 Kampanyekan Pentingnya Pakai Masker

Mataram, Bimakini.- Right To Know Day (RTKD) atau Hari Hak Untuk Tahu se dunia ke-18, yang jatuh pada 28 September, diperingati oleh Komisi Informasi dan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) NTB dengan sedikit berbeda. Pasalnya, pandemi covid-19 tengah melanda seluruh belahan dunia yang menuntut masyarakat untuk hidup dengan tatanan normal baru.

Protokol kesehatan covid-19 yakni 3M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak, merupakan kewajiban bersama yang jika tidak dilakukan akan mengancam keselamatan diri sendiri hingga keselamatan bersama. Karena itu, RTKD tahun ini diperingati KI dan Diskominfotik NTB dengan tema “Sudah Tahu Bahaya Corona, Gunakan Maskermu!”.

“Pilihan tema ini sesuai dengan kondisi pandemi covid-19. Kami berharap masyarakat sadar informasi, jika sudah tahu bahaya covid-19 mesti dibarengi dengan tindakan pencegahan, paling tidak pakailah masker dimanapun berada,” ujar Ajeng Roslinda Motimori, Ketua Komisi Informasi Provinsi NTB, Senin (28/9/2020).

Sebagai bentuk sosialisasi pentingnya informasi covid-19 dan penggunaan masker, Komisi Informasi dan Dinas Kominfotik Provinsi NTB memperingati RTKD dengan membagikan masker di pusat keramaian. KI dan Diskominfotik NTB membagikan 1000 lebih masker di pusat keramaian khususnya pasar sekaligus mensosialisasikan bahaya covid 19 dan tindakan pencegahannya.

Menurut Ajeng, jika semua orang tahu dan informasi pandemi covid-19 bisa diakses dengan mudah diharapkan dampak kesehatan dan ekonominya bisa di tekan. Karenanya Dinas Kominfotik NTB telah menyiapkan kanal informasi khusus tentang covid-19 dan teknis penanganannya.
“Informasi tentang bahaya covid-19, teknis penanganan dan pencegahannya adalah hak semua orang untuk tahu,” jelas Ajeng disela-sela kegiatan bagi masker gratis di Pasar Dasan Agung.

Sementara itu, I Gede Aryadi, Kepala Dinas Kominfotik NTB menjelaskan, kanal informasi khusus covid-19 bisa diakses dengan mudah oleh semua orang.

“Kita ingin semua yang mengetahui informasi sadar dan bersama-sama berkontribusi untuk mencegah covid-19 ini menyebar luas dan sebisa mungkin kita tekan,” ujarnya.

Khusus terkait kondisi pandemi covid-19, dijelaskan Gede, Pemprov NTB telah mengembangkan sejumlah progam dan inovasi. Antara lain, Portal corona.ntbprov.go.id yang menyediakan seluruh data dan informasi covid-19 yang diupdate setiap harinya. Tersedia pula aplikasi  (self check up) covid-19 sehingga warga bisa melakukan cek kesehatan secara mandiri. Di dalam Portal Covid 19 ini  juga tersedia aplikasi JPS Gemilang yang bisa dimanfaatkan oleh warga untuk mengetahui status dan trekking bantuan JPS Gemilang.

NTB juga memiliki Layanan Provincial Call Center Satgas Covid-19, yang bisa dihubungi masyarakat selama 24 jam. Call Centre ini juga dipadukan dengan layanan informasi melalui live streaming facebook Diskominfotik NTB dan turut disiarkan juga oleh lembaga penyiaran publik, seperti TV dan Radio.

Aplikasi teranyar yang dimiliki NTB adalah, System Meeting Online (Smeeton). Aplikasi menjadi salah satu inovasi yang dikembangkan untuk memfasilitasi kegiatan dan rapat-rapat secara virtual yang dapat digunakan oleh siapapun. Lebih simpel dan terjamin keamanannya. Dikembangkan oleh Diskominfotik NTB, aplikasi ini bebas biaya berlangganan. Selain Smeeton, juga ada aplikasi NTB Mall, platform belanja online warga NTB. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Untuk mencegah penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dan menjaga kesehatan para tahanan di dalam ruang sel, Sat Tahti Polres Dompu bagikan...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.-Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam penerapan Protokol Kesehatan Covid-19, anggota Sat Samapta Polres Bima Kota, Rabu (23/06) membagikan masker kepada para pengguna...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Jajaran Polsek Rasanae Timur, Polres Bima Kota, terus melakukan patroli masyarakat untuk mengimbau menaati protokol kesehatan (Prokes) Covid19. Selain itu, membagikan...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Polres Bima Kota kembali membagikan masker kepada para pengguna jalan dan penumpang bus di Terminal Dara, Selasa (08/06 pagi. Sasaran utama...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Satuan Lalu Lintas Polres Bima Kota kembali membagikan dan langsung memakaikan masker serta hand sanitizer. Kali ini sasarannya di sejumlah tempat...