Pendidikan

KBM di SMAN 1 Wawo Dimulai, Guru Hapus Sendiri Papan Tulis

SMAN 1 Wawo menyiapkan tempat untuk cuci tangan di sekolah.

Bima, Bimakini.- Ada yang menarik ketika Senin 14 September 2020 siswa SMA di Kecamatan Wawo kembali masuk sekolah (new sekolah), setelah beberapa bulan larangan bagi siswa untuk mengikuti belajar secara langsung (tatap muka) di ruangan kelas. Apa itu? Guru harus menghapus sendiri papan tulis dan tidak boleh menyuruh siswa.

Larangan itu berkaitan dengan menghindari siswa dari terkapar Virus Corona alias Covid 19.

Wakil Kepala SMAN 1 Wawo, Muhammad Naim, S.Pd, mengatakan, sesuai dengan protokol kesehatan di sekolah, semua siswa harus patuh pada larangan itu, terutama saat hadir di sekolah siswa tetap menjaga jarak dan hanya menyapa guru atau teman dengan salam, tidak diperkenankan bersalaman. Demikian juga saat memasuki ruangan kelas siswa harus mencuci tangan dengan sabun di depan pintu ruangan kelas yang telah disediakan pihak sekolah. Hal yang sama juga dilakukan guru, sedangkan ruangan dibatasi dari 30 kursi atau lebih hanya disiapkan separuh saja dan siswa masuk bergiliran.

“Saat guru memberikan pelajaran atau menulis di papan tidak boleh menyuruh siswa menghapus di papan tulis, tetapi dihapus sendiri oleh guru,” ujarnya di sekolah setempat, Senin.

Pada hari pertama new sekolah, katanya, belum ada masalah yang berarti karena baik siswa maupun guru yang lupa terhadap protokol kesehatan Covid 19 langsung ditegur oleh pemantau di sekolah. Ada beberapa siswa yang ingin cepat masuk ke ruangan kelas, tetapi langsung ditegur untuk mencuci tangan terlebih dahulu. “Kalau kita tidak mengingatkan, maka anak-anak akan lupa terus. Karena itu kita harus sama-sama saling mengingatkan untuk kebaikan kita semua,” katanya.

Pantauan  media ini di Kecamatan Wawo, untuk sekolah dasar (SD) sebulan terakhir tetap masuk sekolah, meski tetap memerhatikan protokol kesehatan Covid 19, tetapi tingkat SMA/MA dibatasi dengan tetap sekolah dalam jaringan (Daring) dan di luar jaringan (Luring). Namun, mulai Senin kemarin mulai kembali bersekolah dengan tatap muka. Namun, diatur jadwal kegiatan belajar mengajarnya dengan jumlah yang terbatas dan masuk ruangan kelas secara bergantian.

“Siswa rindu bertemu dengan teman dan guru, sehingga ketika dibolehkan sekolah kembali mereka senang dan antusias mengikuti pelajaran di ruangan kelas,” katanya.(BE02)

Share
  • 11
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top