Pendidikan

Kendala Jaringan, Zoom Metting LPMP di SMAN 2 Wawo tidak Maksimal

Kegiatan Zoom Metting LPMP tidak maksimal.

Kota Bima, Bimakini.- Zoom Metting Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi NTB dengan dua sekolah model di Kabupaten Bima, yakni SMAN 2 Wawo dan SMAN 1 Madapangga, terkendala lelet jaringan internet. Terutama di SMAN 2 Wawo, kondisi itu menyebabkan pertemuan itu tidak maksimal.

Kepala SMAN 2 Wawo, Muhtar, SPd, mengatakan, lemotnya jaringan internet di sekolah dan jaringan internet melalui handphone android menyebabkan pertemuan itu tidak sesuai yang diharapkan karena baru mendengar paparan dari pemateri dari LPMP NTB, jaringan internet  terganggu, sehingga subtansi yang disampaikan pemateri tidak bisa dicerna dengan baik. Bahkan, materi hanya didengarkan sepotong-sepotong.

“Jelas kondisi eror seperti ini kurang bagus, hanya awal pembicaraan saja yang terdengar baik, selanjutnya jaringan terputus-putus hingga sepuluh menit,” ujarnya di sekolah setempat, Selasa (1/9).

Pertemuan seperti ini, katanya, penting bagi sekolah model untuk mendapatkan pencerahan mengenai hal-hal baru mengenai delapan standar kependidikan. Apalagi kesempatan itu hanya diperoleh SMAN 2 Wawo dan SMAN 1 Madapangga. Tentu materi yang ditayangkan Via Zoom Metting sangat bermanfaat untuk sekolah model karena bahan yang disampaikan sangat bermanfaat bagi pembinaan lima sekolah imbas di SMAN 1 Kecamatan Wawo, SMAN 2 Lambu, SMAN 1 Ambalawi, dan SMAN 2 dan SMAN 3 Kecamatan Wera.

“Kalau jaringan internet lelet seperti ini, maka kita merasa rugi karena materi yang disampaikan tidak bisa diulang kembali. Padahal kita ingin mendapatkan materi itu secara utuh. Sebelum Covid 19 ini materi bisa di copy ulang atau lewat flasdis,” katanya.

Dalam kondisi Covid 19, terangnya, sulit dilakukan secara tatap muka, sehingga pertemuan dilakukan dengan menggunakan zoon metting, terutama bagi LPMP sesuai dengan namanya mempunyai tugas melaksanakan penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah di Provinsi berdasarkan kebijakan Menteri Pendidikan dan kebudayaan sesuai Permendikbud Nomor 14 Tahun 2015.

Berkaitan dengan delapan standar pendidikan, kata dia, tidak semua aspek yang ditekankan pada setiap sekolah, tetapi bergantung aspek mana yang dibutuhkan untuk diperioritaskan, seperti alat peraga sekolah, tempat praktik, tempat strategis, penilaian, dan lainnya. Termasuk administrasi sekolah, dan administrasi guru. “Akibat jaringan kerap eror banyak tugas-tugas administrasi belum bisa dilakukan secara maksimal,” katanya.

Apalagi, katanya, jaringan internet di SMAN 2 Wawo belum bisa  digunakan dengan baik dan masih banyak kendala yang dihadapi dalam penggunaannya. (BE02)

Share
  • 23
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top