Olahraga & Kesehatan

Nasaruddin dan Tamrin, Jawara Kejuaraan Terbuka Catur Kota Bima

Penyerahan hadiah untuk para pemenang.

Kota Bima, Bimakini.- Nasaruddin pecatur dari Kecamatan Monta Kabupaten Bima, jawara pada kelas Senior Non Master Kejuaraan Catur Memeriahkan HUT ke-75 Kota Bima, 11-14 September di SMA PGRI Kota Bima. Untuk kelas veteran diraih, Ir Tamrin. Kejuaraan itu dibuka dan ditutup Sekretaris KONI Kota Bima, Makruf, S.Pd.

Kejuaraan yang diikuti 46 kelas senior Non Master dan 24 kelas veteran tingkat Kota dan Kabupaten Bima, sedangkan yang menyerahkan hadiah Wakil Ketua Percasi Kota Bima, Jaidun, S.Pd, Ahmad, S.Pd dan Ketua panitia, Anhar Alamanda, SH.

Wasit Percasi Kota Bima, Mas’ud, mengatakan, pada kejuaraan itu ditetapkan juara I hingga XX untuk kelas Non Master, sedangkan kelas veteran I hingga X dengan memperubutkan total hadiah Rp12 juta dari KONI Kota Bima. “Peringkat kejuaraan ditentukan melalui program Swiss-Manager, sehingga tidak bisa diutang atik lagi oleh siapapun. Hasil ini berdasarkan ketentuan FIDE,” ujarnya usai membacakan hasil di SMA PGRI Kota Bima,  Ahad (13/9).

Oleh karena itu, katanya, hasil lengkap dalam kejuaraan terbukan Kota dan Kabupaten Bima adalah Juara I diraih Nasaruddin dari Kabupaten Bima dengan 7,5 Victory Point (VP), juara II diraih Ir Taufik Kota Bima (7 VP), juara III diraih pecatur Kabupaten Bima, Ilyas (6,5 VP) disusul Mulyadin (Bima 6,5) dan Suaib, S.Pd (Kota Bima 6,5 VP). Tiga terbaik meraih piala tetap, piagam penghargaan dan uang tunai. Untuk juara VI hingga XX masing-masing diraih, Muammar Kadafi (Kota Bima), Haris Yanto ( Bima VP), H One (Kota Bima), Jufriadin, Salahuddin (Kota Bima) masing-masing meraih 6 VP namun yang membedakan adalah Progressif Point (PP), Saifullah, Ama Hale, Budi (Kota Bima 5,5), Sardin, Denis, M Nasir, Ijul Wera, Adhar, Rustam, dan Makruf masing-masing meraih 5 VP.

Pada kelas Veteran juara I diraih Ir Tamrin. Mantan Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Bima ini melibas pecatur lain yang berusia 60 tahun ke atas. Juara II hingga sepuluh diraih pecatur Kota Bima, Jaidun, S.Pd, Burhanuddin AR, S.Pd, Junaidin, H Burhanudin MS, HM Tahir, Andi Sofian, H Usman Gani, Firdaus, dan Suryadin.

Wakil Ketua Percasi Kota Bima, Jaidun, S.Pd, mengatakan, kejuaraan ini untuk memeriahkan HUT ke-75 RI dan Hari Olaraga Nasional ke-37 berlangsung 11-14 September 2020 selama kejuaraan berlangsung seluruh pecatur memiliki kesadaran tinggi tetap memerhatikan protokol kesehatan Covid 19 dan berhasil. Apalagi, pihak kepolisian memberikan beberapa peringatan penting untuk diikuti oleh panitian dan pecatur. “Sebenarnya kita ingin melaksanakan kegiatan 4-6 September, tetapi terkendala izin pelaksanaan. Namun, panitia terus meyakinkan aparat untuk menggelar kegiatan itu sesuai standar protokol kesehatan, sehingga diizinkan,” ujarnya saat pembukaan.

Hal senada dikemukakan Sekretaris KONI Kota Bima, Makruf, S.Pd. Mewakili Ketua KONI mengapresiasi perjuangan panitia untuk menggelar kejuaraan Catur terbuka Kota dan Kabupaten Bima. Sesuai dengan tema kejuaraan “Kita Tingkatkan Prestasi Menuju Kota Bima Bangkit”.

Diharapkan pecatur Kota Bima bisa mengambil pelajaran berharga untuk meraih prestasi lebih baik lagi. Pada Porprov NTB 2018 pada cabang catur meraih tiga medali emas meningkat jauh dibandingkan Porprov NTB sebelumnya yakni meraih medali perak dan perunggu saja. “Kita berharap pada kejuaraan yang akan datang pecatur Kota Bima harus lebih berprestasi lagi untuk Kota Bima bangkit,” katanya sekaligus memberikan ucapan selamat kepada pecatur yang meraih prestasi dan bagi yang belum berhasil belajar dan berlatih lebih giat lagi. (BE02)

Share
  • 12
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top