Ekonomi

Pasca-Kasus Oreo Mengandung Babi, Tim Terpadu Gelar Razia Obat dan Makanan

Razia makanan dan minuman di toko dan minimarket.

Kota Bima, Bimakini.- Pasca-terungkapnya minimarket yang menjual produk pangan olahan mengandung babi, tim terpadu, Rabu (16/9) langsung turun razia obat dan makanan.

Tim terpadu melibatkan BPOM Bima, Polres Bima Kota, TNI asal Kodim 1608/Bima, Diskoperindag Kota Bima, Kersbangpol Kota Bima.

Sejumlah pertokoan disasar, seperti Arta Bima Mall (ABM), Toko Subur, Marina Mart, Hokky Mart, Toko SMA Yess, serta May Mart.
Wakapolres Bima Kota, Kompol Syafrudddin didampingi Kasat Resrim, IPTU Hilmi Manossoh Prayugo, S.IK, Kepala Lokasi BPOM Bima, Yogi Abaso, Sekretaris Dinas Koperindag Kota Bima, A Rifaid H. Ibrahim, Kepala Kesbangpol Kota Bima, H Achmad Fathoni, SH dan sejumlah personel Sat Sabhara Polres Bima Kota dengan senjata lengkap di bawah kendali Kasat Sabhara, Iptu Razu.
Operasi Gabungan (Opgab) dimulai di ABM. Pada moment tersebut, Tim Terpadu mengecek satu-persatu makanan-minuma yang diperjual belikan.

Tapi , tim terpadu tidak menemukan adanya makanan dan minuma kadaluarsa, produk tidak berlebel halal dan juga tidak ditemukan adanya makanan-minuman yang mengandul daging babi.

Kepala BPOM Bima, Yogi Abaso Bima mengatakan, tim razia makanan dan minuman kadaluarsa, mengandung zat babi dan tidak berlebel halal.

Dari sejumlah minimarket dan pertokoan untuk sementara waktu tak ditemukan adanya prodak kadarluasa ataupun mengandung babi “Kalau kemarin kita menemukan adanya makanan dan minuman tak berlebel halal, sekarang sudah tak ada lagi,” ungkap Yogi.

Bersamaan Kepala Dinas Koperindag Kota Bima melalui Sekretarisnya yakni A. Rifaid H. Ibrahim menjelaskan sudah tak lagi ditemukan adanya barang yang diperjual belikan tanpa lebel halal di Marina Mart. Sementara sereal merk oreo yang mengandung zat babi, juga diakuinya tak lagi ditemukan.

“Secara resmi Marina Mart sudah mewujudkan komitmenya. Yakni tak lagi menjual barang yang mengandung zat babi dan tanpa lebel halal. Sebagai bentuk komitmen nyatanya dalam kaitan itu, pihak Marina Mart juga sudah membuat surat pernyataan resmi yang ditujukan kepada Pemkot Bima melalui Dinas Koperindag setempat,” tandasnya.

Dia berharap, para pelaku pasar harus memiliki kesadaran yang sama. Jika menjual barang-barang yang tak berlebel halal, tentu saja harus dipisahkan dengan yang berlebel halal. Tujuanya, masyarakat sebagai konsumenya bisa memilih dan memilahnya. (BE06)

Share
  • 37
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top