Peristiwa

PDAM Bima Mulai Perbaiki Pipa Bocor


Foto: Perbaikan pipa bocor oleh petugas PDAM Bima.

Bima, Bimakini.- Pipa saluran air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kota Bima yang bocor, mulai diperbaiki. Pegawai PDAM bersama pegawai Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan buruh harian, kerja menggunakan alat menual.

PDAM melalui Kabag Perencanaan, M Ikbal, ST mengatakan, perbaikan pipa saluran air PDAM yang bocor diberbagai titik di Kota Bima, Kamis mulai dikerjakan. “Titik pertama dikerjakan yaitu depan kantor Lurah Penaraga, Kecamatan Raba, jalan gajah mada Kota Bima Provinsi NTB,” katanya, kamis (3/9).

Dengan keterbatasan anggaran, kata Ikbal, perbaikan dilakukan menggunakan alat seadanya dan dikerjakan secara manual. Pekerjaan dilakukan oleh buruh harian. Sementara pegawai PDAM dan dibantu Dinas PUPR, menggunakan alat pinjaman. “Untuk menggali tempat bebatuan pakai jek gamer dengan pembangkit listrik jenset 3100 watts yang dipinjam dan perlengkapan lain seadanya serta mobil pick up plat merah dari Dinas PUPR untuk angkut barang,” tuturnya.

Lanjutnya, dibeberapa titik lain, juga banyak mengalami kebocoran. Proses perbaikannya membutuhkan waktu. Walaupun terbatasnya anggaran, karena tugas dan untuk penuhi kebutuhan air bersih diberbagai tempat, tetap ditunaikan hingga selesai. “Perbaikan tahap selanjutnya di Kampo Na’e empat titik, jalan Soekarno Hatta lima titik, jalan Jendral Sudirman satu titik,” terangnya.

Tambah Ikbal, perbaikan pipa saat ini, pekerja alami kesulitan. Karena adanya pelebaran jalan, semua pipa penyalur air diletakkan pada posisi badan jalan. “80 persen kami alami kesulitan karena harus gali pipa yang terletak pada posisi di bawah beton dan di bawah jalan beraspal. Tambah lagi air yang bocor tertampung di bekas galian drainase oleh Pemkot saat kebanjiran dan harus gali saluran untuk aliri,” katanya. (BE10)

Share
  • 37
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top