Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Saluran Irigasi Dam Ncangakai Kering, Muncul Bau Menyengat

Saluran irigasi yang mengeluarkan bau menyengat dan dikeluhkan warga.

Bima, Bimakini.- Saluran irigasi Dam Ncangakai watasan Desa Rasabou, Kecamatan Bolo kering. Namun justru mengeluarkan  bau menyengat.

Warga Desa Rasabou, Mansyur mengeluhkan, akibat keringnya saluran irigasi tersebut mengeluarkan  aroma tidak sedap. Sehingga warga sekitar merasa tidak nyaman.

“Kita tidak nyaman akibat bau busuk yang berasal dari saluran irigasi Dam Ncangakai. Apalagi kalau sedang makan,” ujarnya, Rabu (2/9).

Kata Mansyur, kondisi ini sudah berlangsung sejak beberapa pekan. Menurutnya, hal ini terjadi karena masuk  penghujung musim kemarau.

“Beda dengan tahun sebelumnya, walau pun di penghujung musim. Saluran irigasi Dam Ncangakai ada air mengalir, sehingga warga merasa nyaman,” ungkapnya.

Dirinya berharap, pemerintah dapat memerhatikan kondisi ini. Yakni menginstruksikan pihak penjaga Dam Ncangakai untuk membuka pintu air, sehingga limbah yang ada di saluran irigasi tersebut dapat dibawa arus air,” ujarnya.

Kepala Dusun (Kadus) La Kaba Desa Rasabou, Muslimin H A Wahab membenarkan kondisi seperti itu. Sehingga mengeluh karena merasa tidak nyaman.

“Sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Desa (Pemdes), apa yang dikeluhkan warga akan disampaikan ke Kades,” ucapnya.

Dikatakannya, yang mempunyai kewenangan terkait masalah ini adalah pihak pemerintah atas yakni melalui Dinas PUPR. Di desa akan menyampaikan masalah ini, melalui surat atau secara lisan lewat seluler.

“Insya Allah kita akan sampaikan masalah ini ke pemerintah atas,” akunya.

Dijelaskannya, akibat debit air Dam Ncangakai berkurang, lahan pertanian di  So La Kaba dan lahan pertanian lainnya tidak lagi menanam padi. Padahal setiap tahun petani menanam padi 3 sampai 4 kali dalam setahun.

“Saat ini petani tidak lagi tanam padi, tapi menanam kedelai dan jagung,” pungkasnya. (BE07)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Sebelumnya diberitakan terkait sumur bor yang berlokasi di sekitar area pembangunan relokasi rumah dampak banjir di Desa Tambe, Kecamatan Bolo ditulis polemik...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-  Ada dugaan Bank NTB Unit Bolo  “mengendapkan” gaji aparatur desa. Hal itu diketahui setelah Pemerintah Desa (Pemdes) dan Lembaga Desa, Rasabou, Kecamatan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Petani So Mbadu Desa Rasabou, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima menyegel sumur bor dalam yang berlokasi di sekitar perumahan relokasi dampak banjir, Ahad...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Agenda peresmian Puskesmas Bolo yang dilakukan oleh Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, Rabu (23/2) bersamaan dengan deklarasi Open Defecation Free...

Olahraga & Kesehatan

Bima, Bimakini.- Pemerintah Desa (Pemdes) Rasabou, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima berhasil menekan angka stunting. Untuk tahun 2020 stunting berada di angka 54 persen dan...