Hukum & Kriminal

Tiga Hari Razia Masker, Terkumpul Denda Rp2,5 Juta

Sidang pelanggaran Perda Nomor 7 Tahun 2020 terhadap warga yang tidak mengenakan masker.

Kota Bima, Bimakini.- Operasi Yustisi razia masker dan penegakan hukum protokol kesehatan yang digelar Polres Bima Kota bersama tim gabungan selama tiga hari sejak Senin hingga, Rabu (16/09), tim berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 2,5 juta.
Jumlah itu didapat jelas Kapolres Bima Kota melalui Kasat Lantas, IPTU Risqi Ardian, dari total sebanyak 150 orang pengendara yang tidak menggunakan masker selama razia pada pagi dan sore harinya.

“Ini hasil penindakan di tempat langsung. Mereka langsung bayar di tempat saat mereka tidak terbukti pakai masker,” terang Risqi menjawab media ini Rabu (16/09).

Para pelanggar urai Risqi rata-rata adalah mulai dari para pelajar, wiraswasta dan para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terjaring pada berbagai lokasi razia dari pagi hingga sore hari dilakukan razia.

Total denda bagi pelanggar sebut Risqi, mulai dari nilai Rp 100 ribu hingga 250 ribu dari berbagai kalangan. “Tapi rata-rata dari tiga hari ini yang dikenakan Rp 100 Ribu,” ucapnya.

Razia Yustisi ini kata dia tetap terus akan digelar hingga sepekan ke depan dengan menerapkan protokol Covid_19 sesuai aturan pada Perbub dan Perwali tersebut.

Usai menggelar razia di jalan raya bagi para pengendara, pekan berikutnya jelas Risqi akan dilanjutkan pada sejumlah tempat lain. Seperti area pertokoan dan tempat pelayan umum atau publik service.

“Juga nanti akan dilakukan di pasar juga. Karena di sana ada banyak warga dan pelaku pasar yang sejauh ini kita lihat tidak menerapkan protokol kesehatan mulai dari pakai masker dan lainnya,” katanya.

Sementara untuk denda yang dikenakan kepada para pemilik dan pengunjung toko, juga nantinya akan diberlakukan berbeda. Dimana katanya dendanya sebesar Rp 200 Ribu hingga 500 ribu.

“Karena ini sesuai aturan yang berlaku. Sanksi dalam Perbup nomor 50 Tahun 2020, jika tertangkap tangan tidak menggunakan masker dalam toko atau tempat vital, sanksi 200 hingga 400 ribu,” bebernya.

Dia berharap kepada seluruh lapisan masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan dan tidak lupa menggunakan masker terlebih saat keluar rumah atau beraktivitas. (BE09)

Share
  • 16
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top