Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

BPAN Bima Fasilitasi Pembentukan Kelompok Ternak Masyarakat Adat

Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) dan Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) Bima.

Bima, Bimakini.- Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) dan Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) Bima menfasilitasi pembentukan Kelompok usaha tani ternak di dua Komunitas adat anggota AMAN. Yakni Komunitas Adat Sanggar dan Komunitas Donggo, Sabtu (24/10).

Selain itu, mendorong pemanfaatan lahan untuk menanam sayur-sayuran, ternak bebek, bawang putih,  madu, serta produksi kopi dengan sistem berkelanjutan.

Gerakan kedaulatan pangan ini dilakukan dengan cara mandiri sesuai potensi dan sumber daya dan masyarakat. “Sesuai kondisi Wilayah adat, nilai norma adat dan pengetahuan masyarakat Adat juga, ” kata Ketua BPAN Bima, Ade Mbojo.

Kata dia, gerakan kedaulatan pangan berdasarkan maklumat kemandirian masyarakat adat dalam ekonomi kreatif. “Bagaimana kelompok yang dibentuk ini dapat mewujudkan kemandirian secara ekonomi serta mempunyai ketahanan yang kuat menghadapi bencana yang terjadi saat ini termasuk pandemi Covid-19,” ujar Ade.

Dikatakannya, pembentukan Badan Usaha Milik Masyarakat Adat (BUMMA) dan Koperasi sebagai aktor ekonomi adalah tujuannya untuk kemandirian masyarakat. (K06)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- LKS Insan Cita Bima dan Puskesmas Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima lakukan pemeriksaan kesehatan dan pelayan posyandu terhadap warga Komunitas Adat Terpencil (KAT)...