Pendidikan

Dana BOS di Langgudu Diprioritaskan untuk Gaji Guru Honorer

Drs Hamdiah

Bima, Bimakini.- Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengan Pertama (SMP) di Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima, cair.

Kepala UPTD Dikpora Langgudu, Drs Hamdiah mengatakan, pencairan Dana BOS untuk SD dan SMP di Kecamatan Langgudu mulai Senin (19/10). Pencairan langsung masuk di rekening sekolah masing-masing dengan jumlah yang beragam. “Banyak dan sedikitnya jumlah Dana BOS tergantung dari banyak siswa,” katanya, Selasa (20/10).

Sekolah yang bisa cairkan Dana BOS, sudah menyelesaikan laporan pengguanaan dana sebelumnya. Sementara pencairan, berlangsung sekali dalam tiga bulan.

Kata Hamdiah, KUPTD Dikpora yang juga merangkap sebagai Kepsek SDN Laju, jumlah Dana BOS tidak diketahui pasti berapa per sekolah. Namun bila di sekolah terdapat jumlah dana yang banyak, untuk hindari masalah, pembagian akan diperbanyak untuk guru honorer. “Bahkan sampai Rp1,5 juta per guru honorer, tergantung dari rajinnya bekerja,” ujarnya.

Selain gaji guru, Dana BOS digunakan untuk 13 item lainnya. Yaitu pengembangan perpustakaan, kegiatan penerimaan siswa baru, pembelajaran dan ekstra kurikuler siswa, ulangan dan ujian, pembelian bahan-bahan habis pakai, langganan daya dan jasa, perawatan sekolah, pembayaran honorarium bulanan guru honorer dan tenaga kependidikan honorer, pengembangan profesi guru, membantu siswa miskin, pembiayaan pengelolaan BOS, pembelian perangkat komputer, dan biaya lainnya. (BE10)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top