Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Dinilai Represif, HMI Minta Kapolri Evaluasi Kinerja Kapolres Dompu

Pengurus HMI Cabang Dompu saat audiensi dengan Kapolres Dompu.

Dompu, Bimakini. – Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Dompu menilai bahwa, aparat keamanan Kepolisian Resor Polres Dompu sangat represif dalam menangani aksi unjuk rasa yang dilakukan para mahasiswa.

Itu terbukti dengan adanya 5 kader HMI yang luka ringan dan 1 orang luka parah, diduga akibat dianiaya dan dipukul oknum anggota Polres Dompu saat aksi penolakan Undang-undang Omnibus Law di DPRD Dompu, kemarin.

“Atas tindakan represif oknum anggota polisi terhadap kader HMI tersebut, kami HMI Cabang Dompu secara resmi melaporkannya pada Propam Polres Dompu untuk ditindak lanjuti secara hukum,” tegas Ketua HMI Cabang Dompu Herdiansyah, di Mapolres Dompu, Jum’at (9/10) pagi.

HMI Cabang Dompu berharap agar oknum polisi yang secara membabi buta memukul dan menganiaya massa aksi dalam aksi penolakan Undang-undang Tenaga Kerja itu diproses hingga dipecat sesuai aturan yang ada. Sehingga tidak ada lagi polisi yang sewenang wenang terhadap masyarakat.

“Kami minta bapak Kapolri untuk mengevaluasi kinerja Kapolres Dompu dan menindak tegas oknum polisi yang melakukan penganiayaan pada mahasisiwa. Kami sudah pegang bukti foto dan video,” tegasnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sementara itu, Kapolres Dompu, AKBP Syarif Hidayat SH, SIK., saat beraudiensi dengan sejumlah pengurus dan kader HMI Cabang Dompu, Jum’at (9/10) pagi menegaskan bahwa laporan yang disampaikan HMI akan segara ditindak lanjuti.

“Silahkan dilaporkan ke Propam dengan bukti-bukti yang ada. Di Propam ada disiplin dan etik yang akan diproses,” terangnya.

Katanya, semua warga negara memiliki hak dan kedudukan yang sama dimata hukum. Jika ada pihak lain yang melaporkan mahasiswa atas kerusakan fasilitas negara saat melakukan aksi unjuk rasa, maka kepolisian akan proses dan menindak lanjutinya seperti laporan HMI.

“Yang jelas kami punya niat baik. Kita sudah jalin hubungan baik,” ucap Kapolres Dompu dihadapan kader HMI. (K07)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Upaya mediasi kasus penganiayaan terhadap ibu hamil, Aisyah asal Desa Riwo, Kecamatan Woja yang dilakukan Polsek Woja dengan terduga pelaku HAY...

Olahraga & Kesehatan

Dompu, Bimakini. – Dalam rangka memperingati hari jadi (MILAD) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke 76 tahun 2023, HMI Cabang Dompu menggelar berbagai macam kegiatan...

Berita

Dompu, Bimakini. – Upaya memperingati hari lahir (Milad) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) pada 17 Setember 2022 dan Korps HMI – Wati (KOHATI)...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Upaya mendinginkan suasana pasca kericuhan antara anggota polisi dengan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Dompu saat aksi penolakan kenaikan harga...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Sejumlah kader dan pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Dompu menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor DPRD Kabupaten Dompu, Kamis...