Peristiwa

Empat Nakes Puskesmas Bolo Sembuh dari Covid19

Empat Nakes di Puskesmas Bolo sembuh dari Covid19.

Bima, Bimakini.- Empat Tenaga Kesehatan (Nakes) di Puskesmas Bolo, Kabupaten Bima, yang sebelumnya positif Covid-19 akhirnya dinyatakan sembuh. Hal itu disampaikan Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Puskesmas Bolo, dr Ifa, Sabtu (17/10).

Kata dr Ifa, Nakes yang sebelumnya terkonfirmasi Covid – 19 adalah Kepala Puskesmas, Tenaga Kesling, Tenaga Gizi dan Bidan. Mereka sudah dilakukan pemeriksaan swab dan hasilnya negatif.

“Dimana ke empat Nakes tersebut sudah melakukan Isman (Isolasi Mandiri) selama kurang lebih 18 hari, terhitung sejak 29 September 2020,” ujarnya.

Upaya telah dilakukan oleh tim Covid-19 Puskesmas Bolo dalam penanggulangan Covid-19 yaitu ada 3 aspek pencegahan wabah yang dapat dilakukan, kita sebut sebagai 3T.

“Testing, seperti PCR Testing atau metode testing lain: Mengetes orang-orang yang terduga COVID-19. Kemudian tracing atau Pelacakan Kasus dan Treatment yakni perawatan, termasuk pemantauan isolasi mereka yang kontak erat dengan orang positif sampai terbukti tidak mengidap Covid – 19, serta menjaga orang yang positif agar tidak menular ke orang lain,” ungkapnya.

Ketiga aspek tersebut harus dilihat sebagai kesatuan yang saling berinteraksi. 3T saling memperkuat, akan percuma bila salah satu aspeknya lemah.

“Tujuan utama ketiganya adalah mengendalikan tingkat penyebaran Covid – 19,” jelasnya.

Upaya yg dilakukan antara lain sosialisasi, sterilisasi/desinfeksi tempat pelayanan dan fasilitas layanan di puskesmas, sampai pemantauan dan penanganan kontak erat, suspek, probable, dan pasien konfirmasi.

dr. Ifa menambahkan bahwa prosedur penanganan covid – 19 di lingkungan kerja Puskesmas Bolo akan lebih diperketat lagi. Karena kami tidak mau ada tambahan kasus dari medis lagi. Jadi, harapan kami untuk seluruh tenaga medis untuk memaksimalkan penggunaan APD serta mengikuti protokol lainnya agar Covid-19 ini bisa dikendalikan di lingkungan kerja,” harapnya.

Tim kesehatan terus mencari kontak erat pasien positif guna mengendalikan penyebaran Covid-19 di lingkungan Nakes. Berdasarkan rilis terbaru sampai saat ini masih ada 4 pasien yang terkonfirmasi Covid 19 yaitu warga Desa Tambe dan Rato.

“Semoga kasus covid – 19 ini cepat berlalu dan kita semua bisa menjalankan aktivitas seperti biasa. Kepada masyarakat diharapkan tetap mengikuti protokol kesehatan dengan menggunakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air bersih, serta berjaga jarak,” ujarnya. (BE07)

Share
  • 37
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top