Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

HUT TNI, Gubernur NTB dan Forkopimda Tanam Terumbu Karang

Kegiatan Gubernur NTB dan Forkopimda Tanam Terumbu Karang

Mataram, Bimakini.- Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 TNI yang jatuh  pada 5 Oktober mendatang, berbagai kegiatan telah dilakukan. Salah satunya penanaman terumbu karang di pesisir pantai Senggigi, Sabtu (3/10/2020).

“Jika terumbu karang rusak atau terganggu kondisinya, maka semua rantai makanan dan siklus kehidupan biota laut akan terganggu. Bahkan berpotensi menuju kepunahan. Di sini pentingnya upaya program pengelolaan terumbu karang,” ujar Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, usai menanam terumbu karang.

Menyadari peran terumbu karang yang begitu besar dalam ekosistem laut, Gubernur meminta penanaman terumbu karang masif dilakukan oleh semua lapisan. Apalagi, terumbu karang punya manfaat lain, yaitu sebagai penghasil oksigen yang sangat dibutuhkan oleh manusia dan makhluk hidup lainnya.

“Menanam terumbu karang bukan hal yang sulit. Sangat mudah dilakukan. Mudah-mudahan ini bukan yang pertama di pantai Senggigi,” harap Gubernur.

Selaku tuan rumah, Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid, menyampaikan bahwa penanaman terumbu karang akan terus dilanjutkan, terutama di pantai Senggigi. “Untuk mengajak orang kembali ke Senggigi, kami (Pemkab Lobar) menyiapkan banyak inovasi,” ungkapnya.

Tak hanya Senggigi, lanjut Bupati, banyak tempat wisata lainnya di Lombok Barat yang akan ditanami terumbu karang. Itu semua dilakukan untuk menarik kembali gairah sektor pariwisata di tengah pandemi Covid-19. “Di Lombok Barat, kami berkomitmen, apapun kegiatannya, kami wajibkan patuhi protokol kesehatan,” tambah Bupati Fauzan.

Jangan sampai, lanjut Fauzan, niat untuk berwisata serta menikmati keindahan alam, tapi malah mendatangkan penyakit. Itu semua harus diantisipasi. Protokol kesehatan di tempat wisata akan dilaksanakan secara ketat. “Silahkan nikmati keindahan alam, tapi ingat, wajib patuhi protokok kesehatan,” tambah Bupati.

Sementara itu, Komandan Korem 162/WB, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, mengucapkan terimakasih kepada suluruh pihak yang telah menyukseskan acara tersebut. “Saya ucapkan terimakasih kepada BUMN, nelayan, komunitas yang telah membantu kelancaran acara ini, semoga silaturrahim kita terus terjalin hingga masa mendatang,” ujarnya.

Jendral bintang satu tersebut bercerita, persiapan acara penanaman terumbu karang ini telah disiapkan satu bulan yang lalu. Terhitung, sebanyak 750 terumbu karang di tanam di pantai Senggigi. “Alhamdulillah, sebanyak 750 terumbu karang kita tanam hari ini,” ungkapnya.

Kapolda NTB, Irjen Pol. M. Iqbal, yang juga hadir pada kesempatan tersebut, mengapresiasi rangkaian acara HUT TNI yang ke-75. “Alhamdulillah, sebagai saudara kandung, kami apresiasi penanaman terumbu karang ini,” ungkap Kapolda.

Kegiatan tersebut, lanjut Kapolda, selaras dengan tagline HUT TNI ke-75, yaitu Sinergi Untuk Negeri. Menurut Kapolda, seluruh kegiatan memang diperlukan kekompakan serta sinergi yang kuat. “Dengan bersinergi, kita akan semakin kuat,” tutup Kapolda. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Indah Dhamayanti Putri, SE.M.IP bersama Ketua DPRD Kabupaten Bima Muhammad Putera Ferryandi S.IP, M.IP dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah...

NTB

Kota Bima, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah  menyebut dari seluruh Kabupaten/Kota, di Bima lah yang paling banyak balihonya. “Saat masuk ke Kota Bima,...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-Lantaran tidak memiliki izin resmi, sedikitnya enam ribuan terumbu karang hasil kejahatan yang diamankan Polres Bima beberapa hari lalu, akhirnya dilepas kembali oleh...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-Satuan Polairud Kepolisian Resor Bima berhasil menggagalkan penyelundupan terumbu karang yang akan di jual di luar wilayah Kabupaten Bima Senin, 20/02/23 pagi kemarin....

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.-  Tim PUMA II Polres Bima Kota mengamankan terumbu karang tanpa ijin yang akan dibawa keluar pulau. Terumbu karang diamankan  Kamis 19...