Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Penerima BPUM Bingung dengan Banyaknya Persyaratan

Warga yang antri di BRI Cabang Bima.

Bima, Bimakini.- Rupanya warga mengalami kesulitan untuk mendapatkan program Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) dari Pemerintah. Pasalnya, yang harus dilengkapi pelaku usaha membingungkan.

Warga mengeluhkan banyaknya bahan yang dilengkapi untuk cairkan bantuan ini. Apalagi berkaitan dengan nomor antrian, setiap harinya habis sebelum adzan subuh. Belum diketahui pasti mulai jam berapa pihak Bank BRI buka loket untuk pengambilan nomor antrian.

“Habisnya nomor antrian sebelum masuk jam kerja ini, terjadi diseluruh unit yang ada di seputaran Kota Bima,” serontak segerombolan masyarakat yang datang menggunakan mobil pick up asal soromandi.

“Bantuan ini lebih banyak habiskan anggaran untuk urus bahan, sementara pencairan belum ada bayangan,” sesal segerombolan warga dengan mobil pick up yang dipulangkan oleh pihak Bank.

Beberapa  pekan terakhir, masyarakat mulai heboh dengan program BPUM dari pemerintah, karena akan mendapatkan uang tunai senilai Rp2,4 juta. Bantuan tersebut diinformasikan oleh Bank BRI melalui SMS di nomor telepon masing-masing pelaku usaha dan bisa dicek melalui aplikasi eForm BRI.

Pelaku usaha yang dapat informasi dari BRI, berbondong-bondong mendatangi Bank terdekat untuk proses pecairan. Berdasarkan informasi yang dihimpun, sejumlah unit Bank seputar Kota dan Kabupaten Bima dipadati masyarakat.

Bahkan dalam beberapa hari terakhir, Bank BRI Cabang Bima serta unitnya tidak bisa layani secara keseluruhan. Sehingga masyarakat yang datang dari Kabupaten ada yang bermalam untuk mendapatkan nmor antrian.

“Karena desa yang jauh dari perkotaan, tidak memungkin untuk bolak balik. Sehingga pilihan tepat, harus menginap untuk dapatkan nomor antirian,” kata salah satu warga berasal dari Wera yang sudah dua hari nginap di Bima untuk dapatkan nomor antrian dari Bank BRI Cabang Bima.

Setelah dapatkan nomor antrian, direpotkan lagi dengan kelengkapan bahan lain seperti Memo dari pegadaian cabang terdekat dan rekomendasi dari Dinas Koperasi dan UMKM. Namun, rekomendasi tersebut bergantung dari kode nomor rekening yang diinformasikan oleh Bank BRI. (BE10)

Share
  • 149
    Shares
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Bima, imbau masyarakat untuk urus kelengkapan administrasi Program Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM). Kadis...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Kementerian Koperasi dan UKM RI sudah membuka pendaftaran Bantuan UMKM Gelombang ke 2 tahun 2021 dilakukan secara offline dan juga melalui pemerintah...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Pagi buta Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Bima diramaikan oleh ratusan penerima Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) untuk rebutan mengambil nomor antrian....

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Lembaga Pemantau Pengawasan Korupsi (LPPK) Bima Nusa Tenggara Barat (NTB), aksi di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Bima. Mereka   menuntut kejelasan tentang...