Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Satu Anggota Polres Dompu Dipecat tidak Hormat

Upacara pemecatan satu anggota Polres Dompu karena melanggar disiplin.

Dompu, Bimakini.- Kapolres Dompu, AKBP Syarif Hidayat, SH, SIK memimpin upacara Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH)  terhadap salah satu personel Polres Dompu AY (38), Sabtu (25/10). Upacara berlangsung di lapangan apel Mapolres Dompu.

AY diberhentikan dari dinas kepolisian karena melanggar pasal 13 Peraturan Pemerintah No 2 tahun 2003 tentang Disiplin Anggota POLRI. Selama menjadi anggota Polri, AY sudah menjalani tujuh kali sidang disiplin.  Saat upacara AY tidak hadir.

Kapolres Dompu, AKBP Syarif Hidayat, SH, SIK, sangat menyayangkan terjadinya pemberhentian tidak dengan hormat seperti ini.  “Saya sangat menyayangkan hal seperti ini (PTDH), ini adalah moment yang tidak diharapkan. Semoga momen ini bermakna dan kita petik pembelajaran berharga demi kelangsungan Roda organisasi Polres Dompu yang kita cintai bersama,” ujarnya.

“Upacara penanggalan atribut Polri ini  hal biasa di lingkungan Polri sehubungan masih banyaknya oknum Polri yang indisipliner, bahkan melakukan tindak pidana,” tambahnya.

Lanjutnya, dengan berbagai pertimbangan, maka dilakukan sidang Kode etik, sehingga terbitlah Surat PTDH. Hal ini sudah melalui mekanisme dan sebelumnya sudah dilakukan pembinaan.  “Akan tetapi dengan berat hati kami lakukan pilihan terakhir karena ini merupakan buah dari perbuatannya selama ini,” bebernya.

“Semoga ini yang terakhir, jangan ada lagi tindakan yang menodai Institusi, jangan berbuat senonoh yang menyakiti hati masyarakat serta yang dapat menurunkan harkat dan martabat anggota Polri,” ingatnya.

Kedepan, diharapkannya tidak ada lagi anggota Polres Dompu yang melanggar disiplin. Apa lagi melakukan tindak pidana.  “Bagi anggota Polri yang melakukan tindak Pidana sangsi terberat bukan hanya PTDH, namun juga akan menjalani proses secara hukum pidana umum,” isyaratnya.

“Bagi anggota yang masih baik saya ucapkan terima kasih atas dedikasi dan loyalitasnya pada Kepolisian. Saya berpesan Cintai Uniform yang melekat pada anda, Cintai profesi anda, anda harus memiliki kebangggaan menjadi anggota Polri,” imbuhnya.

Kata dia, semenjak pertama kali menjabat sebagai Kapolres Dompu, berkali-kali menekankan  menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya,  tidak melanggar.

Upacara yang diikuti PJU dan personel Polres Dompu juga dirangkaikan dengan pengumuman dan pemberian hadiah dan bendera hasil lomba Standar Protokol kesehatan Covid19 di lingkungan kerja jajaran Polres Dompu.

“Di masa Pandemi ini kita berperan penting dalam meminimalisir dan memutus mata rantai penyebaran covid19. Maka dengan adanya lomba seperti ini merupakan salah satu upaya nyata dari kepolisian,”  ujarnya.

Hasil lomba, Polsek Pekat masih mempertahankan predikatnya sebagai Juara, ditempat kedua Polsek Dompu serta Polsek Pajo. (BE04)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Upaya mediasi kasus penganiayaan terhadap ibu hamil, Aisyah asal Desa Riwo, Kecamatan Woja yang dilakukan Polsek Woja dengan terduga pelaku HAY...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Upaya mendinginkan suasana pasca kericuhan antara anggota polisi dengan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Dompu saat aksi penolakan kenaikan harga...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Niat menelerai anaknya yang berkelahi saat acara organ malam, seorang bapak bernama Haeruddin (42) asal Desa Riwo, Kecamatan Woja dibacok 3...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Dugaan mafia proyek dan dugaan tindak pidana korupsi atas pengerjaan proyek irigasi Soriparanggi Desa Pekat, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu tahun anggaran...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Sejumlah keluarga dan puluhan warga Desa Saneo, Kecamatan Woja menggelar aksi unjuk rasa depan Mapolres Dompu, Jum’at (22/07/2022) pagi. Kehadiran mereka...