Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

2021, DLH Kota Bima Prioritaskan Program Penanganan Sampah

Ilustrasi Bimakini

Kota Bima,Bimakini.- Di tahun 2021, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bima akan lebih memaksimalkan dan memerioritaskan program penanganan persampahan. Ini mengingat setiap tahun volume sampah rumah tangga terus meningkat.

Kepala DLH Kota Bima, H Alwi Yasin menyampaikan, untuk menangani sampah yang meningkat jumlahnya, akan membuat program terobosan. Agar permasalahan sampah di daerah bisa cepat teratasi.

Diantaranya, menerapkan penanangan sampah berbasis kelurahan. Melakukan sosialisasi, bahwa sampah bukan hanya tugas pemerintah, tapi juga masyarakat. “Pembatasan penggunaan plastik dan memaksimalkan armada sampah di setiap kelurahan,” ujarnya, Senin (9/11).

Untuk program penanganan sampah berbasis kelurahan, saat ini pihaknya tengah memetakan wilayah yang belum terjangkau mobil sampah. Agar pemerintah kelurahan bisa memaksimalkan armada sampah yang telah dimiliki. Sehingga penanganan kebersihan sampah, bisa lebih maksimal diterapkan.

“Dengan kebijakan tersebut, pemerintah kelurahan yang memiliki armada sampah sendiri bisa menarik iuran kebersihan. Untuk membantu kelancaran mobilisasi kebersihan,” katanya.

Mantan Kadis Dikbud itu menambahkan, selain fokus dalam penanganan sampah. Pihaknya juga tetap akan melakukan berbagai terobosan program kegiatan ditahun depan, terutama mewujukan kota yang rindang, bersih dan nyaman. Bahkan pihaknya berencana akan merubah beberapa taman yang ada, untuk dikembalikan pada fungsi semula yaitu hutan kota. Karena hutan kota bermanfaat untuk mengurangi degradasi lingkungan kota yang diakibatkan oleh akses pembangunan, selain itu mempunyai fungsi perbaikan lingkungan hidup dan memiliki fungsi estetika.

“Hutan kota penting untuk keseimbangan ekologi seperti, kebersihan udara, ketersediaan air tanah, pelindung terik matahari, terhadap kehidupan satwa hingga bisa sebagai tempat rekreasi,” tutupnya. (BE06)

Share
  • 7
    Shares
Komentar

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pemkot Bima melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bima menurunkan bantuan armada truk sampah. Tujuannya membantu masyarakat terdampak banjir bandang di...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Seluruh jajaran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bima, Jum’at (26/2) pagi gorong royong membantu membersihkan sisa bongkaran lapak lama di areal...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Warga Desa Rasabou dan Rato Kecamatan Bolo Kabupaten Bima gotong royong menimbun lokasi yang dijadikan tempat buang sampah sembarangan, Kamis (21/1). Lokasi...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Intensitas hujan yang terjadi di wilayah Kecamatan Bolo, Ahad (27/12) menimbulkan terjadinya banjir. Seperti halnya di Desa Rada, tumpukan sampah menutup jalan...