Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Baznas Kota Bima Distribusi Bantuan ZIS

Wakil Wali Kota Bima, Feri Sofiyan, SH saat menyerahkan bantuan ZIS.

Kota Bima, Bimakini.- Wakil Wali Kota Bima, Feri Sofiyan, SH,  hadiri pendistribusian ZIS konsumtif fakir miskin, bantuan tambahan modal penjualan (BAKULAN), usaha kecil rumah tangga, hak amil masjid,  serta bantuan Pondok Pesantren tahun 2020.

Kegiatan dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Mpunda,  Selasa (10/11).

Ketua Baznas Kota Bima, H Nurdin Mansyur SE,  menyampaikan, penyaluran ZIS akan diberikan pada penerima manfaat di masing-masing kecamatan se-Kota Bima. Penyaluran ZIS untuk kecamatan Mpunda Baznas Kota Bima telah menyediakan dana senilai Rp 120 juta yang akan diberikan kepada 100 kelompok bakulan.

Ada 10 kelurahan yang ada di kecamatan Mpunda dan tiap kelurahan terdapat 10 kelompok. Setiap kelompok diberikan Rp 3 juta. “Dana bakulan ini merupakan dana hibah,” terangnya.

“Selain bakulan ada juga bantuan untuk Pondok pesantren yang di di Kecamatan Mpunda sebanyak 6 Pesantren yang diberikan bantuan sebesar Rp 3,5 juta. Terus bantuan untuk fakir miskin yang berjumlah 449 orang sebesar Rp 44,9 juta,” tambahnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ketua Baznas juga menyampaikan, ada bantuan modal usaha produktif untuk para pengusaha yang sudah ada dengan bantuan senilai Rp 2,5  juta. Tapi bantuan ini nantinya akan diserahkan di Kantor Wali Kota Bima.

Wakil Walikota Bima, Feri Sofiyan, SH menyampaikan apresiasi kepada Baznas yang sangat responsif melihat kondisi dan situasi masyarakat yang kurang mampu. Mengihtiarkan  pemberantasan rentenir yang merajalela di tengah masyarakat sekarang.

“Pemerintah Kota Bima juga sangat merespon baik dan terbantu atas inisiasi atas pelaksanaan kegiatan ZIS untuk masyarakat yang membutuhkan.  Apalagi di tengah Pandemi Covid-19 yang telah membuat perputaran Ekonomi berjalan sangat lambat, lapangan pekerjaan terus berkurang, dan APBD Kota Bima banyak di pangkas,” ujarnya.

Wakil Walikota juga mengharapkan kelompok bakulan yang dibantu oleh Baznas ini akan dijadikan role model ke depannya dan akan dibina sekaligus dikembangkan. Apabila ada kekurangannya akan dievaluasi oleh pemerintah. (BE06)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Kota Bima,  Bimakini.- Polres Bima Kota menyerahkan zakat fitrah dari anggota dan ASN Polres kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bima. Penyerahan ini...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE menghadiri sekaligus menyerahkan bantuan Modal Usaha Produktif bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah, dalam...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Tiga anggota Polri yang bertugas di Polres Bima Kota, mendapatkan penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional Kota Bima, sebagai pemberi zakat...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Diduga ada pergantian sepihak pengurus Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bima, periode 2020-2025. Pengurus yang diganti adalah  Sudirman H Makka....

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Memasuki bulan Muharam 1441 H, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bima menyalurkan zakat konsumtif pada ribuan guru honorer dan sukarela...