Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Cegah Perambahan Hutan, TNI – Polri Gelar Operasi Terpadu

Operasi terpadu TNI-POLRI menjaga hutan.

Dompu, Bimakini. – Upaya mencegah terjadinya pembalakan liar, penebangan atau perusakan hutan pada areal konsevasi Taman Nasional Gunung Tambora.

Aparat gabungan TNI – Polri Polres Dompu menggelar operasi terpadu, Senin (23/11) dengan menyasar kawasan Ngguwu Ngga dan Hutan SP2 Desa Soritatanga, Kecamatan Pekat.

Pasalnya, kedua wilayah itu di jadikan pusat kegiatan perladangan liar dan atau penebangan kayu secara tak bertanggungjawab yang masih masuk kawasan Konservasi Taman Nasional Tambora.

“Operasi terpatu penegakan ini bertujuan untuk menindak atau memberi efek jera kepada masyarakat yang melakukan penebagan liar hutan khususnya diwilayah taman Nasional hutan Tambora,” kata Paur Humas Aiptu Hujaifah.

Kata dia, apabila hutan gundul, banjir maupun longsor bisa kapan saja terjadi dan memakan korban. Apalagi untuk saat ini musim hujan serta populasi hewan diwilayah Taman Nasional Hutan Tambora kelamaan akan punah.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Untuk itu, aparat gabungan TNI-Polri lewat kendali Balai Taman Nasional Tambora melaksanakan kegiatan operasi terpadu penegakan hukum atas siapapun.

Baik perseorangan maupun kelompok yang melakukan segala aktivitas di dalam kawasan hutan Taman Nasional Tambora. Aktivitas yang di maksud sesuai dengan amanat dan aturan Perlindungan Hutan, perladangan, perburuan, illegal loging, eksplorasi hasil hutan.

Dijelaskannya, Bhabinkamtibmas dan Babinsa selama ini berperan aktif melakukan back up atas operasi-operasi yang di lakukan pihak Balai Taman Nasional. Walaupun dalam pola penegakannya pihak Balai Taman Nasional yang berperan lebih penting secara khusus atau domain tanggungjawabnya.

“Kegiatan yang direncanakan akan dilaksanakan selama 5 hari ke depan. Ini sebagai sikap tegas atas segala upaya preventif dan penyadaran kepada oknum atau kelompok masyarakat yang masih saja melakukan aktivitas/kegiatan yang di langgar dalam kawasan Hutan,” tegasnya. (K07)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-Satuan Reskrim Polres Bima Polda NTB kembali berhasil mengungkap Tindak Pidana Illegal Logging, pada Rabu (06/03/24) siang lalu. Polisi pun langsung menetapkankan dua...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-  Satuan Reskrim Polres Bima, Polda NTB, berhasil mengungkap Tindak Pidana Illegal Logging yang berlangsung dalam Kawasan Hutan Lindung Kelompok Hutan Toforompu RTK...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Upaya mediasi kasus penganiayaan terhadap ibu hamil, Aisyah asal Desa Riwo, Kecamatan Woja yang dilakukan Polsek Woja dengan terduga pelaku HAY...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Upaya mendinginkan suasana pasca kericuhan antara anggota polisi dengan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Dompu saat aksi penolakan kenaikan harga...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Niat menelerai anaknya yang berkelahi saat acara organ malam, seorang bapak bernama Haeruddin (42) asal Desa Riwo, Kecamatan Woja dibacok 3...