Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Harkanas ke-7 Jadi Momentum Lawan Covid dan Stunting di NTB

Salah satu momen peringatan Harkanas 2020.

Mataram, Bimakini.- Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, menghadiri peringatan Hari Ikan Nasional ke-7, di halaman kantor Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi NTB, Kamis (26/11/2020).

Mengambil tema “Makan Ikan, Tingkatkan Imun, Lawan Covid dan Stunting” dimaksudkan sebagai upaya dari Pemerintah Provinsi dan Daerah untuk memberikan peringatan kepada masyarakat bahwa ikan adalah komoditi yang harus digunakan komoditinya.

Selaku Ketua Forikan, Hj Niken menambahkan ini sebuah momentum bahwa di tengah pandemi ini kampanye untuk meningkatkan konsumsi ikan sangat diperlukan. “Dengan konsumsi ikan Insya Allah akan meningkatkan imunitas tubuh,” katanya.

Dengan meningkatnya imunitas tubuh, selain mampu mencegah Covid-19 juga membantu memberi nutrisi bagi tubuh dan sangat sejalan dengan program pemerintah untuk mencegah stunting dan gizi buruk di NTB.

Menurut Hj Niken, pandemi Covid-19 membuat kesadaran berbagai hal esensial dalam hidup. “Kita harus menekankan pentingnya kesehatan dengan konsumsi makanan sehat dan bergizi yang bisa didapat dari konsumsi ikan”, ungkap Hj Niken.

Terakhir, Hj Niken mengimbau untuk bersama mengingatkan diri untuk meningkatkan konsumsi ikan di tempat masing-masing. “Mari gunakan kesempatan ini untuk lebih memasyarakatkan informasi bagaimana ikan meningkatkan kesehatan dan juga kesejahteraan, masyarakat sehat dan berdaya. Insya Allah jadi sumber daya yang luar biasa bagi Nusa Tenggara Barat,” pungkasnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan NTB, Yusron Hadi, mengatakan Harkanas pertama kali diselenggarakan pada tahun 2014 dan dicanangkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ada dua hal yang ingin dicapai dalam perayaan Harkanas kali ini.

Pertama, meningkatkan kegemaran masyarakat konsumsi ikan dan berbagai produk olahan lainnya yang berbahan baku ikan. Dengan perayaan ini diharapkan masyarakat makin mencintai produk-produk perikanan dan kelautan.

Kedua, mengingatkan masyarakat bahwa potensi perikanan dan kelautan di NTB cukup besar dan harus digali lebih jauh, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah NTB.

Pada saat itu juga diberikan bantuan stimulus kepada beberapa UMKM yang ada di NTB, seperti sarana pengolah abon ikan, sarana pengolah ikan asap, mesin suir, deep fryer, peniris minyak ikan, cool box, mesin packing dan bantuan paket sembako bagi cleaning service dan penjaga malam Dinas Perikanan dan Kelautan NTB. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait