Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Hasil Uji Fungsi Program Pamsimas di Kara, Debit Air Penuhi Kebutuhan Warga

Kebutuhan air bersih di Desa Kara terpenuhi.

Bima, Bimakini.- Hasil uji fungsi Program Pengelolaan air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Desa Kara Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, debit air dipastikan akan memenuhi kebutuhan warga setempat. Hal itu disampaikan Koordinator Program Pamsimas Provinsi NTB, Mulyatno di Desa Kara, Selasa (3/11).

Kata Mulyatno, selain kualitas air sangat bagus, debit air dipastikan akan memenuhi kebutuhan warga setempat. Karena debit air 8 liter per detik.

“Air aman untuk dikonsumsi yakni untuk kebutuhan di dapur, mandi dan lainnya,” ujarnya.

Sambungnya, kaitan masalah program ini selanjutnya urusan Pemdes, lembaga desa dan masyarakat setempat untuk mengelola dengan baik. Sehingga azas manfaat betul – betul dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Tidak hanya itu, kalau dapat dikelola dengan baik. Justeru program ini akan menambah pendapatan desa melalui pembayaran iuran,” ungkapnya.

Jika ada masalah di kendala atau masalah di kemudian hari, lanjutnya, pihaknya menyarankan segera berkoordinasi dengan pemerintah di atas. Sehingga apapun permasalahan yang muncul dapat diatasi bersama.

“Kalau ada masalah, jangan sungkan. Pemdes silahkan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima,” pintanya.

Hadir pada kesempatan itu, mewakili Kadis Kesehatan Kabupaten Bima, Kasi Kesling, Muhammad Farid S Sos mengungkapkan, keberadaan program Pamsismas ini untuk memberikan akses air minum yang layak bagi masyarakat.

“Sebenarnya kita ingin menuju ke akses air minum yang aman, salah satu devisininya air itu harus langsung ke rumah warga, sesuai dengan Permenkes 492,” ucapnya.

Lanjutnya, dengan pemenuhan akses air layak di konsumsi ini, diharapkan perilaku hidup bersih masyarakat meningkat. Yakni dengan keberadaan air ini, kebutuhan air di WC dan dapur terpenuhi.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Intinya masyarakat wajib menggunakan air bersih untuk kebutuhan setiap hari, akan tetapi air tersebuit harus diolah dulu sebelum dikonsumsi dengan cara direbus, sehingga angka penyakit stanting dan lainnya dapat ditekan,” terangnya.

Kepala Desa Kara, Asikin SE mengatakan, dengan adanya program Pamsimas ini tentu berdampak positif bagi masyarakat. Karena kebutuhan terhadap air bersih sangat urgen.

“Alhamdulillah dengan adanya program ini harus kita syukuri bersama, karena manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat,” bebernya.

Kata Kades, secepatnya akan bentuk pengurus yang akan mengelola program Pamsimas ini, karena nanti akan ada tim penagih dan lainnya.

“Kita akan jadikan program ini sebagai salah satu item yang menghasilkan pendapatan untuk desa,” janjinya. (BE07)

Share
  • 127
    Shares
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.-  Krisis air bersih masih menjadi momok bagi sebagian masyarakat Kota Bima. Apalagi saat ini sudah memasuki musim kemarau. Distribusi air bersih...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Krisis air bersih berkepanjangan dialami masyarakat Kota Bima belum juga dapat dituntaskan. Setiap tahun warga mengeluhkan kebutuhan air bersih. Di Kota...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Warga Desa Rade, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, Provinsi NTB, Senin (3/4) meminta Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE hadir untuk menanggapi...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kesulitan air bersih sudah menjadi langganan dialami warga Desa Rade, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, Provinsi NTB. Terkait hal itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab)...