Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Hasil Uji Fungsi Program Pamsimas di Kara, Debit Air Penuhi Kebutuhan Warga

Kebutuhan air bersih di Desa Kara terpenuhi.

Bima, Bimakini.- Hasil uji fungsi Program Pengelolaan air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Desa Kara Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, debit air dipastikan akan memenuhi kebutuhan warga setempat. Hal itu disampaikan Koordinator Program Pamsimas Provinsi NTB, Mulyatno di Desa Kara, Selasa (3/11).

Kata Mulyatno, selain kualitas air sangat bagus, debit air dipastikan akan memenuhi kebutuhan warga setempat. Karena debit air 8 liter per detik.

“Air aman untuk dikonsumsi yakni untuk kebutuhan di dapur, mandi dan lainnya,” ujarnya.

Sambungnya, kaitan masalah program ini selanjutnya urusan Pemdes, lembaga desa dan masyarakat setempat untuk mengelola dengan baik. Sehingga azas manfaat betul – betul dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Tidak hanya itu, kalau dapat dikelola dengan baik. Justeru program ini akan menambah pendapatan desa melalui pembayaran iuran,” ungkapnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Jika ada masalah di kendala atau masalah di kemudian hari, lanjutnya, pihaknya menyarankan segera berkoordinasi dengan pemerintah di atas. Sehingga apapun permasalahan yang muncul dapat diatasi bersama.

“Kalau ada masalah, jangan sungkan. Pemdes silahkan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima,” pintanya.

Hadir pada kesempatan itu, mewakili Kadis Kesehatan Kabupaten Bima, Kasi Kesling, Muhammad Farid S Sos mengungkapkan, keberadaan program Pamsismas ini untuk memberikan akses air minum yang layak bagi masyarakat.

“Sebenarnya kita ingin menuju ke akses air minum yang aman, salah satu devisininya air itu harus langsung ke rumah warga, sesuai dengan Permenkes 492,” ucapnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Lanjutnya, dengan pemenuhan akses air layak di konsumsi ini, diharapkan perilaku hidup bersih masyarakat meningkat. Yakni dengan keberadaan air ini, kebutuhan air di WC dan dapur terpenuhi.

“Intinya masyarakat wajib menggunakan air bersih untuk kebutuhan setiap hari, akan tetapi air tersebuit harus diolah dulu sebelum dikonsumsi dengan cara direbus, sehingga angka penyakit stanting dan lainnya dapat ditekan,” terangnya.

Kepala Desa Kara, Asikin SE mengatakan, dengan adanya program Pamsimas ini tentu berdampak positif bagi masyarakat. Karena kebutuhan terhadap air bersih sangat urgen.

“Alhamdulillah dengan adanya program ini harus kita syukuri bersama, karena manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat,” bebernya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Kata Kades, secepatnya akan bentuk pengurus yang akan mengelola program Pamsimas ini, karena nanti akan ada tim penagih dan lainnya.

“Kita akan jadikan program ini sebagai salah satu item yang menghasilkan pendapatan untuk desa,” janjinya. (BE07)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Penjabat Wali Kota Bima, Ir. H. Mohammad Rum, MT meninjau Sumur Dalam Terlindungi sebagai wujud upaya nyata Pemerintah Kota Bima dalam...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Sebagai  upaya memberikan dukungan kepada masyarakat yang terdampak kekurangan pasokan air bersih, Kasat Binmas Polres Bima Kota, IPTU Suratno, bersama dengan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kepolisian Resort Bima Polda NTB terus membagikan air bersih bagi masyarakat di wilayah yang terjadi kekeringan parah, di wilayah Kabupaten Bima. Seperti...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- BPBD Kabupaten Bima mendistribusi air bersih untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga di beberapa lokasi terdampak. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bima melalui...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Personel Satuan Samapta Polres Bima Polda NTB, menyalurkan air bersih bagi masyarakat di Desa Wadu Wani, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima Jum,at (09/09/22)...