Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Kampanye Paslon Bupati dan Wabup Bima Direkomendasikan Dihentikan

Junaidin, SPd

Bima, Bimakini.- Dinilai melanggar Protokol kesehatan (Prokes) Covid19, kampanye tiga Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bima direkomendasi diberhentikan.

“Bawaslu telah sepakat berdasarkan hasil pleno sore tadi akan merekomendasikan pemberhentian kampanye bagi 3 Paslon ke KPU Kabupaten Bima karena melanggar Prokes Covid19. Surat rekomendasi itu akan diserahkan ke KPU,” ujar Koordinator Divisi (Kordiv) Organisasi dan Sumber Daya Manusia (O-SDM) Bawaslu Kabupaten Bima, Junaidin, SPd saat dihubungi via telpon, Jum’at (20/11).

“Terkait kapan dimulainya pemberhentian kampanye sementara tersebut setelah ditindaklanjuti dan diputuskan oleh KPU Kabupaten Bima,” tuturnya.

Kata dia, langkah seperti itu oleh Bawaslu Kabupaten Bima bukan kali ini saja. Melainkan sebelumnya juga mengeluarkan surat rekomendasi pemberhentian sementara kampanye bagi 2 Paslon. Yakni Paslon Hj Indah Dhamayanti Putri- Drs H Dahlan (Indah) dan Drs H Syafrudin- Adi Mahyudin (Syafaad) karena melanggar Prokes Kesehatan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Saat itu kita rekemondasikan pemberhentian kampanye 2 Paslon. Kemudian ditindaklanjuti dan diputuskan oleh KPU terhadap 2 Paslon tersebut. Yakni diberikan sanksi selama 3 hari tidak melaksanakan kampanye,” terang pria yang akrab disapa Joe tersebut.

Diakuinya, sesuai ketentuan peraturan yang berlaku terkait pelanggaran Covid-19 tersebut Bawaslu hanya bisa mengeluarkan rekomendasi pemberhentian kampanye selama 3 hari. Sementara yang sangat berpotensi membubarkan kampanye dan pengawalan protokol Covid-19 ini adalah pihak kepolisian atau keamanan.

“Kami sudah setiap kampanye, kalau ada yang melanggar akan melakukan teguran lisan maupun tertulis. Namun tidak berani menghadapi massa. Sehingga  kewenangan kami hanya sebatas mengeluarkan teguran tertulis maupun lisan,” pungkasnya. (BE07)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

 

Share
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Saat pemerintah berupaya untuk mengingatkan warga taat protokol kesehatan (Prokes) Covid19, ada saja yang tidak patuh. Seperti terjadi pada malam penyekatan...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.-  Tim gabungan Polres Bima Kota, Kodim 1608 Bima, Bataliyon C Plopor Brimob Bima, Tim Medis Dikes dan TNI, serta  dan Pol...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Operasi Bina Waspada Rinjani tahun 2021 terus dilakukan jajaran Kepolisian Resor Polres Dompu. Kegiatan tersebut dilakukan mereka untuk memberikan pembinaan dan...