Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Kartu KPM PKH Desa Campa Dipegang Pemilik BRILink

KPM PKH Kecamatan Madapangga.

Bima, Bimakini.- Kartu para Kelompok Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Campa Kecamatan Madapangga dipegang oleh oknum pemilik BRILink yang ada di desa setempat. Padahal, hal tersebut tidak dibenarkan oleh aturan.

Salah seorang KPM PKH Desa Campa Nurhaidah mengatakan, sudah lama sekali kartu mereka dipegang oleh pemilik Brilink. Sehingga saat pencairan PKH mereka tidak tahu berapa jumlah uang yang harus mereka terima. Tapi langsung diberikan oleh pemilik Brilink. “Sekarang sudah kami pegang sendiri. Karena kami serentak minta kemarin,” ujarnya, Sabtu (28/11).

Awalnya kata dia, pihaknya hendak melakukan print buku rekening di BRI Bolo. Tapi pihak bank menyankan kartu tersebut. Bank juga menekankan kepada mereka agar meminta kartu tersebut pada pihak Brilink. Karena tidak dibenarkan orang lain pegang kecuali oleh KPM sendiri. “Saat itu pihak Bank tegas kepada kami, kalau harus ambil kartunya,” katanya.

Dia membeberkan, kejadian tersebut tidak hanya dialami oleh dirinya. Namun, juga dirasakan oleh semua KPM PKH yang ada di desa setempat. “Kartu kami semua dipegang oleh yang punya BRILInk,” tuturnya.

Kendati sudah ada perinrah dari pihak Bank, oknum pemilik BRILink tersebut tetap belum mau memberikan kartu para KPM, dan menanyakan mengapa mesti ambil kartu. “Dia belum kasih langsung. Dia tanya kami kenapa ngotot minta kartu,” terangnya.

Dia mengungkapkan, setiap 3 bulan pencairan uang yang ia terima tidak sama. Kadang 800 ribu, juga kadang 500 ribu saja. “Sekarang sudah terima per bulan. Kami terima kadang 200 ribu juga kadang 100 ribu saja,” ungkapnya.

KPM lain Sumarni juga mengungkapkan hal yang sama. Bahwa, kartu miliknya juga dipegang pihak Brilik sejak 2 tahun lalu. “Iya, kartu saya juga dipegang. Tapi sekarang sudah kami ambil,” ujarnya.

Dia membeberkan, jumlah uang dalam setiap kali pencairan yang ia terima dari Brilink itu berubah-rubah. Kadang 200 ribu dan kadang 300 ribu. “Nggak sama sih. Setiap kali pencairan berubah-berubah,” ungkapnya.

Sementara itu pemilik Brilink Desa Campa Sri yang dikonfirmasi mengakui jika sebelumnya pihaknya memegang kartu para KPM. Hal itu dilakukan untuk mempermudah KPM mengingat di desa setempat jaringan internet sulit. “Agar mudah, kartu dikumpulkan lalu dilakukan transaksi sekaligus,” ucapnya.

Namun dia membantah jika ia dituding memotong uang para KPM. Sebab, semua yang menjadi hak mereka telah langsung diberikan kepada para PKM. “Tidak benar kalau saya lakukan pemotongan,” bantahnya. (BE07)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini – Ibu Ani sebagai Keluarga Penerima Manfaat di Desa Sampungu Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima, lima tahun dikeluarkan dari daftar penerima PKH. Padahal,...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Sudah delapan bulan memiliki Kartu PKH, tapi hingga saat ini saldo nihil. Hal itu dikeluhkan oleh salah satu Keluarga Penerima Manfaat (KPM)...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Anggota BPD Darusalam, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, Iksan H Maksud pertanyakan terkait pengumpulan kartu PKH yang disinyalir atas perintah pendamping PKH. Menurutnya,...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) ada batas kewenangan untuk keluarkan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang dinilai sudah tidak layak atau sudah masuk...

Ekonomi

Bima, Bimakini.-  Hingga saat ini Kabupaten Bima, sampai saat ini belum memiliki Perda tentang standar kemiskinan. Standar yang digunakan saat ini untuk menyebut miskin...