Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Kesulitan Air Bersih, Warga Dara Tampung Bocoran Pipa PDAM

Seorang warga yang menampung air dari bocoran pipa PDAM di Kelurahan Dara, Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima, Selasa (10/11). Sampai saat ini sebagian warga Dara masih kesulitan kebutuhan air bersih.

Kota Bima, Bimakini.- Miris nasib sebagian warga RT 01 RW 01 Kelurahan Dara, Kota Bima, saat ini masih alami krisis air bersih. Bahkan terpaksa  menampung air dari bocoran pipa PDAM.

Persoalan krisis air besrih hingga saat ini belum ada solusi baik dari Pemerintah Kota Bima. Warga berharap, kebutuhan air diprioritaskan, bukan polesan-polesan pembangunan yang tidak berdampak  langsung pada kebutuhan.

Pantauan media ini, di jalan Danataraha, Selasa (10/11) pagi, terlihat ibu-ibu  menggunakan gayung kecil menampung air dari bocoran pipa PDAM. Mereka menuangkannya dalam jirigen.

Posisi pipa PDAM yang bocor persis dipinggir jalan padat lalulintas dan  sangat membahayakan warga. Jika tidak awas, maka akan sangat riskan  diserempet kendaraan yang melintas.

Nurbaya (50), mengaku terpaksa mengambil air  dari pipa PDAM yang bocor untuk memenuhi kebutuhan air bersih keluarganya. “Mau bagaimana lagi pak, sudah setengah bulan ga ada air PAM mengalir,” keluhnya.

Selama ini keluarganya memenuhi kebutuhan air bersih mengandalkan air PDAM. Namun sudah hampir sebulan tidak ada lagi air. Karena ada bocoran pipa PDAM,  sehingga dimanfaatkan saja.

Menampung air dari pipa PDAM dua kali sehari. Untuk kebutuhan masak, air minum dan cuci piring. Sementara untuk cuci pakaian ke sungai jembatan lingkungan Bedi.

Kata Nurbaya, bukan saja dirinya. Ada warga lain juga mengambil air, namun paling banyak di malam hari. “Kalau mau lihat warga datang ambil air, datang saja pas jam 9 malam,” akunya.

Hanya saja dirinya masih berharap Pemkot Bima bisa memenuhi akses air bersih warga Dara. Bukan hanya saat kampaye saja menyalurkan air bersih. Karena masalah  ini setiap tahun. “Kami hanya minta air pak, ga lebih, hanya itu saja ke pemerintah,” harapnya. (BE06)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Share
  • 176
    Shares
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.-  Krisis air bersih masih menjadi momok bagi sebagian masyarakat Kota Bima. Apalagi saat ini sudah memasuki musim kemarau. Distribusi air bersih...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Krisis air bersih berkepanjangan dialami masyarakat Kota Bima belum juga dapat dituntaskan. Setiap tahun warga mengeluhkan kebutuhan air bersih. Di Kota...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Warga Desa Rade, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, Provinsi NTB, Senin (3/4) meminta Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE hadir untuk menanggapi...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kesulitan air bersih sudah menjadi langganan dialami warga Desa Rade, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, Provinsi NTB. Terkait hal itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab)...